Minggu, 15 September 2019

WTP Membanggakan, Pertanggungjawaban APBD Minut TA 2015 Disetujui Menjadi Perda

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI-Rapat Paripurna Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2015, DPRD Minahasa Utara (Minut), Rabu (27/7/2015), akhirnya menerima dan menyetujui untuk menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Menariknya, pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Minut Berty Kapojos didampingi Wakil Ketua Drs Denny Wowiling, Ketua Panitia Khusus (Pansus) Ranperda tersebut, yakni Drs Moses Corneles, membacakan langsung pemandangan umum keenam fraksi yang ada di lembaga terhormat itu.

Dimana, baik FPDIP, FGerindra, FPG, FDemokrat dan FHanura, serta FRKI, menyatakan menerima dan menyetujui Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Minut TA 2015, menjadi Perda. Meskipun masih ada catatan koreksi, kritik dan masukan, bahkan pujian terkait sukses mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada pengelolaan administrasi keuangan Pemkab Minut.

“Dari hasil rapat pansus diketahui ada sisa lebih penggunaan anggaran (SILPA) sebesar Rp17 miliar lebih, dapat disetujui dan ditetapkan sesuai perda. Dan terima kasih atas perhatian kerjasama dan penjelasan saat pembahasan, begitu juga dengan TGR yang sudah ditindaklnjuti, tentunya ini akan berdampak baik untuk penyelenggaraan pembangunan Kabupaten Minut kedepan,” kata Corneles.

Sementara itu, Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP), dalam sambutannya mengatakan, merupakan kewajiban dan amanah Undang-Undang untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan APBD. Dan pencapaian WTP atas laporan keuangan Pemkab Minut 2015 adalah capaian yang membanggakan.

“Untuk pertama kalinya Kabupaten Minut mendapatkan WTP, hal ini menjadi barometer untuk pengelolan yang lebih baik lagi. Dan keberhasilan ini bukan semata-mata hasil kerja Pemkab Minut, namun ini juga atas dukungan DPRD dan masyarakat Minut serta Forkopimda. Dan terima kasih kepada Pansus yang telah membahas bersama tim pemkab dan akhirnya disetujui. Kepada fraksi juga kami mengucapkan terima kasih, dan apa yang menjadi catatan akan kami perhatikan.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*