Selasa, 12 November 2019

Penghargaan ISNA, Bukti Kerja Keras GSVL-MOR Jadikan Manado Smart City

manadoterkini.com, MANADO – Kota Manado, salah satu daerah di Provinsi Sulut masuk nominasi peraih penghargaan Indonesia Smart Nation Award (ISNA). Penghargaan itu buah manis dari kerja keras Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan (GSVL-MOR) dengan program-progam cerdas termasuk menjadikan Manado Smart City.

Bersama Provinsi Sulut, Kota Manado mampu bersaing dengan 46 daerah lainnya di Indonesia penerima penghargaan yang diberikan dengan pemeringkatan Indeks Daerah Pintar Indonesia 2016.

ISNA 2016 adalah hasil studi Indonesia Smart Nation Index 2016 dengan raihan nilai index tertinggi.

manado

Daftar daerah di Indoensia penerima penghargaan ISNA

Indeks ini diukur berdasarkan data terpublikasi dari berbagai sumber (data kementerian/lembaga, statistik wilayah seluruh Indonesia, web resmi Pemda) beserta analisis 72 media cetak nasional dan lokal serta 100 media online.

Indonesia Smart Nation Index dihitung dari dua indeks penyusun, yaitu indeks kesiapan menuju daerah pintar (Smart Readiness Index) dan indeks kinerja daerah pintar (Smart Region Index).

Smart Readiness Index, terdapat 5 dimensi yang diukur, yaitu sumber daya alam (nature), struktur, infrastruktur, suprastruktur, dan kultur sebuah daerah.

Sementara Smart Region Index, terdapat 6 dimensi yang diukur, yaitu dimensi smart governance, dimensi smart branding, dimensi smart living, dimensi smart society, dan dimensi smart environment.

Founder & Chairman Citiasia, Dr. Cahyana Ahmadjayadi, yang manjadikan studi ini memiliki kelebihan dari studi tentang pemeringkatan daerah lainnya karena telah memanfaatkan metode big data analytic yang dikembangkan oleh Citiasia,Inc. yang disebut Big CAT (Citiasia Tools for Big Data Analytic), yang memungkinkan diolahnya data yang berskala masif dan beragam secara cepat dan akurat.

Prof. Dr Marsudi W. Kisworo sebagai Ketua Dewan Juri ISNA 2016 menegaskan bahwa Indeks ini berguna untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi suatu kota, kabupaten, provinsi dalam sebuah ukuran yang mudah untuk dipahami.

Penghargaan ini diterima langsung Wakil Wali Kota Manado, Mor Bastiaan di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (29/11/2016) malam.

“Kita akan terus mengembangkan dan memanfaatkan teknologi dalam tugas administrasi dan pelayanan public. masuknya Kota Manado salah satu nominasi penerima penghargaan  ISNA 2016 akan lebih memacu dan memotivasi kita untuk lebih keras lagi dalam bekerja,” pungkas Mor. (ald/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*