Minggu, 20 Oktober 2019

Tandatangani MoU, GSVL Ajak Bupati Raja Ampat Promosikan Wisata Bersama

manado

Walikota GS Vicky Lumentut

manadoterkini.com, MANADO – Pemerintah Kota (Pemkot) Manado menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Propinsi Papua Barat. Penanda-tanganan Memorandum of Understanding (MoU) bidang pariwisata dilakukan Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi dan Bupati Raja Ampat Abdul Fariz Umlati, Rabu (24/1/2017) pada Gathering dalam rangka Syukuran Penerbangan Perdana Wings Air dari Manado ke Raja Ampat di Hotel Quality, Jalan Piere Tendean, Manado.

Menurut Walikota GSVL, upaya mengembangkan pariwisata di Kota Manado termasuk hubungan dengan daerah wisata lainnya. Apalagi, pariwisata Raja Ampat mulai dikenal luas baik di Indonesia maupun mancanegara. “Ini akan membuka peluang dalam promosi pariwisata bersama. Saya yakin kedepan Manado dan Raja Ampat akan saling mendukung untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya,” ungkap orang nomor satu di Manado itu.

Strategi promosi bersama yang dikelola dengan baik dan terintegrasi akan memberikan dampak signifikan terhadap penerimaan asli daerah, dan mendorong proses multiplier perkembangan ekonomi lokal di sekitar daerah tujuan wisata.

Makanya kedepan, kerjasama tidak hanya dilakukan dengan Raja Ampat, namun tempat-tempat wisata lainnya seperti Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Halmahera Maluku Utara.

“Saya bersyukur dengan terobosan yang dilakukan Pak Rusdy Kirana sebagai pemilik Lion Group. Dimana, beliau telah menargetkan untuk mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Kedepan tentunya, route-route penerbangan lainnya dari Manado tidak hanya ke Raja Ampat namun ke Wakatobi ataupun Halmahera,” ungkap Walikota GSVL.

Dijelaskan GSVL kesannya yang sangat baik ketika beberapa kali berada di China daratan baik di Beijing, Shanghai, Beijing, Zhenzhen. “Waktu di Beijing saya sudah diantar ke obyek wisata, lalu tour guidenya bicara tentang Shanghai dan bercerita hal-hal bagus di sana. Jadi dia perkenalkan. Saya berpikir, satu ketika harus ke Shanghai. Waktu dapat kesempatan ke Shanghai, saya akhirnya melihat bagus. Poin yang saya ambil, semua potensi wisata diperkenalkan bersama. Setiap peluang diperkenalkan bersama. Karena pariwisata didorong untuk mendatangkan 20 juta turis bukan pekerjaan yang gampang. Tapi kalau kita berjalan bersama, tentu tidak akan dengan mudah dikerjakan. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey sudah menyampaikan ke Presiden, tahun 2017, 700 ribu sampai 1 juta turis akan didatangkan ke Sulut. Lion Grup juga telah membuat program untuk setiap hari ada minimal 10 – 20 penerbangan Lion Grup untuk akses ke luar negeri. Sudah dimulai, Januari Februari sudah 81 flight penerbangan terprogram ke Manado,” jelas GS Vicky Lumentut.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*