Sabtu, 21 September 2019

Kebanyakan Tugas Luar, Sejumlah SKPD di Manado Mulai “Terlampau Cerdas”

manadoterkini.com, MANADO – Sejumlah pimpinan Perangkat Daerah (PD) di Kota Manado, mulai mendapat sorotan. Pasalnya, mereka mulai “terlampau cerdas”, karena kebanyakan tugas luar.

“Sejak dilantik Walikota GS Vicky Lumentut, sejumlah pimpinan PD rajin melakukan perjalanan dinas. So dorang te lebe banyak tugas luar dengan Walikota deng Wawali (lebih banyak PD tugas luar dari pada Walikota dan Wawali),” ungkap sejumlah ASN Pemkot Manado yang engan namanya dipublis.

Bahkan ada oknum Kepala Dinas hampir setiap minggu melakukan tugas luar daerah, tak ubahnya orang sakit yang sudah ketergantungan obat. “Ini harus menjadi perhatian pimpinan. Karena pimpinan SKPD kebanyakan tugas luar, perlu ditelusuri keberadaanya,” ungkap tokoh masyarakat Jekson Sulangi SH kepada manadoterkini.com.

Informasi ada sejumlah kepala SKPD melakukan perjalanan dinas ke luar daerah seminggu dua kali maupun setiap minggu, sudah jadi sorotan masyarakat.

Tidak heran pengamat pemerintahan Sulawesi Utara (Sulut), Taufik Tumbelaka mengingatkan agar semangat ”menggila” dari para pimpinan PD untuk melakukan perjalanan Dinas diimbangi dengan kerja konkrit melayani masyarakat.

Perjalanan Dinas, menurutnya juga perlu dilakukan namun disesuaikan dengan prioritas tidak berdasarkan ”nafsu serakah” karena mengejar target kelebihan dana Perjalanan Dinas tersebut.

”Perjalanan Dinas seyogyanya dilakukan berdasarkan urgensinya, ini penting diperhatikan dikarenakan terlalu seringnya seorang Aparat Negara termasuk Pejabat melakukan perjalanan Dinas, maka akan mengganggu pelayanan publik. Semakin cermat dan selektifnya pemilihan perjalanan Dinas akan semakin menunjukan kualitas dari Pejabat yang bersangkutan,” ujar Tumbelaka kepada wartawan, Kamis (16/3/2017).(tim/ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*