Rabu, 13 November 2019

Sejumlah Pejabat Bakal Diganti, Pekan Ini Bupati Minsel Pastikan Rombak Kabinet

minselmanadoterkini.com, AMURANG - Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE memastikan akan menggelar kebijakan mutasi pejabat secara besar-besaran pada pekan ini. Tidak tanggung-tanggung, puluhan pejabat eselon II, III dan IV serta beberapa camat dan Kepala Sekolah (Kepsek) SD akan dirolling.

“Ya, pekan ini, akan ada mutasi secara besar – besaran,” kata Bupati melalui Kepala BKDD Minsel Drs Roy F Tiwa kepada sejumlah wartawan Selasa (29/8).
Dia juga menyatakan, selain menggelar mutasi terhadap pejabat struktural, pihaknya juga menggelar mutasi terhadap pejabat fungsional yakni sejumlah Kepsek SD menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja yang telah dilakukan.

“Khusus terhadap Kepsek ini, pelaksanaan mutasinya lebih cepat dari pejabat struktural yakni akan berlangsung sebelum pejabat eselon II, III, dan IV,” tukasnya.

Dia juga mengatakan, kebijakan mutasi dan penyegaran tersebut dilakukan untuk meningkatkan etos kerja dan peningkatan kualitas pelayanan terhadap masyarakat. Termasuk untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan di Minsel.

Menurut Dia, kebijakan mutasi dilaksanakan setelah dilakukan evaluasi kinerja secara cermat oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) dengan mengedepankan profesionalitas, kompetensi, produktivitas, kejujuran dan loyalitas. Sehingga pejabat yang ditempatkan disetiap posisi nantinya lebih handal sehingga mampu menciptakan pelayanan yang prima terhadap masyarakat.

“Mutasi kali ini lebih di fokuskan pada penyegaran atau rotasi, hanya sebagian kecil yang dilengserkan karena dinilai kurang produktif serta berkinerja buruk. Pejabat yang sudah menduduki masa jabatan tiga sampai empat tahun di salah satu Satuan Perangkat Daerah (PD) harus digeser dan diremajakan. Selain penilaian kurang produktif, faktor persiapan masa pensiunan ASN juga menjadi pertimbangan untuk diganti,” jelasnya.

Lanjut Dia menyebutkan, Pemkab Minsel berusaha melakukan penyegaran sebagai upaya regenerasi dan pembinaan terhadap kader-kader potensial untuk melanjutkan roda Pemkab Minsel ke depannya kearah yang lebih maju dan terdepan.

“Artinya, tidak mungkin seorang ASN terus dipertahankan disebuah instansi, sementara selama diberi kepercayaan menduduki jabatan itu yang bersangkutan tidak mampu menunjukan kinerja yang memuaskan. Keputusan itu tidak hanya diterapkan kepada pejabat struktural tapi juga berlaku terhadap para Kepsek. Intinya bahwa terhadap pejabat yang dinilai berkinerja buruk akan diganti dengan figur yang mempunyai kompetensi dibidangnya masing-masing,” tegasnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dirangkum manadoterkini.com, meskipun Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE tidak bersedia membocorkan nama-nama pejabat yang akan diganti atau digeser, namun telah merebak isu bahwa beberapa pejabat eselon II yang memimpin PD akan dicopot. Umumnya, karena pejabat tersebut dinilai tidak mampu menyaingi kencangnya lari bupati dalam rangka menggenjot laju pembangunan daerah lebih maju ke depannya.

Sumber resmi juga menyebutkan, dari 17 camat yang ada di Minsel sebanyak 10 di antaranya juga akan dicopot karena dinilai berkinerja buruk sehingga harus diganti dengan figur yang dinilai lebih mampu.
Sebelumnya, isu bakal digelar mutasi pejabat secara besar-besaran tersebut sempat berhembus kencang di tengah-tengah masyarakat dan kalangan aparatur pemerintah setempat sejak beberapa pekan terakhir.

Dengan pernyataan Kepala BKDD Minsel Drs Roy F Tiwa kepada sejumlah wartawan yang memastikan bahwa kebijakan mutasi tersebut akan digelar secara bertahap yang dimulai terhadap para Kepsek pada pekan ini dan berlanjut terhadap ratusan pejabat eselon II, III dan IV serta para camat, pada pekan ini juga, maka telah menjawab teka-teki yang berhembus selama.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*