Ketambahan 2 Unit, Kapolresta Pantau Speedboat Sat Polair

manadoterkini.com, MANADO – Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polresta Manado mendapat dua tambahan kapal speed boat baru dari Mabes Polri. Dua kapal yang bertipe C 3 ini telah berada di Dermaga Polair Kawasan Pelabuhan Manado, Selasa (24/10).polres manado

Kapolresta Manado Kombes Pol Hisar Siallagan, saat uji coba dua kapal tersebut mengatakan, merasa bangga dan bersyukur dengan tambahan dua unit kapal polisi yang benar-benar baru.

“Saya berharap nantinya digunakan sesuai dengan tupoksi Polair dalam menjaga keamanan di perairan Kota Manado,” ujarnya.

Kapolresta juga berpesan agar kedua kapal dirawat dengan baik, karena prasarana pendukung kepolisian di perairan ini dibelanjakan cukup mahal dengan menggunakan uang rakyat.

“Jadi selain dirawat, juga harus dimaksimalkan penggunaannya untuk rakyat dan dapat digunakan selama mungkin,” harap Siallagan.polres manado

Sementara itu Kasat Polair Polresta Manado AKP Fenty J. Kawulur, mengatakan kedua kapal ini akan digunakan untuk mendukung tugas Polri di perairan dan pesisir Kota Manado. Nantinya juga akan dimaksimalkan untuk menjaga kamtibmas dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Kedepan nanti kedua speedboat ini bisa dipakai patroli karena menggunakan peralatan canggih, dan juga bisa memberi andil dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Saat melakukan peninjauan kedua kapal tersebut, Kapolresta didamping Wakapolresta AKBP Enggar Brotoseno dan beberapa pejabat lainnya yakni Direktur Tahanan dan Barang Bukti Polda Sulut AKBP Ruben Takaindengan, perwakilan Dinas Perhubungan Kota Manado, KPLP Yusak Duyoh, Pengurus dan mitra kerja Satpolair dan tokoh masyarakat Sindulang.

Kapal ini juga dilengkapi dengan satu buah pelampung bulat (life body) + tali 25 meter, 5 buah baju pelampung (life jaket), 2 unit Parachute Signal, 2 buah Red Hard Flag, 2 unit Smoke Signal, Kotak P3K berikut obat-obatan standar 1 unit serta 4 unit Dampra/Fender.polres

Sedangkan kelengkapan Peralatan Navigasi dan Komunikasi terdiri dari satu unit Magnetic Compass, satu unit Radio VHF/FM + antena, satu buah GPS, 2 buah Heavy Duty Wiper, satu unit Public Addressor, 2 buah Handy Talkie, satu unit Binggular dan Bendera Merah Putih, serta dilengkapi peralatan pemadam jenis portable 2,5 Kg sebanyak dua buah dan perlengkapan kepolisian seperti borgol, kantong mayat dan police line.

Diketahui Mabes Polri menyalurkan dua unit speed boat type C 3 dengan spesifikasi panjang 6 meter, lebar 2 meter dan tinggi 3,79 meter. Kedua kapal ini menggunakan mesin penggerak 3 tak berkekuatan 85 HP (Horse Power).(fry)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan