Jum'at, 5 Juni 2020

Untuk Pekerja Informal, Pemkot Bitung Luaching Program “Tali Kasih”

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung di bawah kepemimpinan Wali Kota Bitung Max J Lomban dan Maurits Mantiri, resmi melaunching Program “Tali Kasih”. Rabu (20/03/2019) bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kantor Pemkot Bitung.

Pelauchingan program “Tali Kasih” ini sendiri ditandai dengan penyerahan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi Pekerja Sektor Informal yang diserahkan langsung oleh Wali Kota Bitung.

Kegiatan ini digagas sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Bitung untuk melindungi para pekerja sektor informal, agar memperoleh jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Program ini bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan disiapkan bagi 5000 orang warga Kota Bitung yang berhak menerima yaitu bagi para Pekerja sektor Informal,” ujar Lomban

Pemerintah Kota Bitung senantiasa berusaha membuat warganya agar tidak hidup miskin. Untuk itu diadakan berbagai program yang manfaatnya langsung menyentuh masyarakat diantaranya di bidang Pendidikan dan Kesehatan.

“Program ini sumbernya bukan berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Bitung tetapi merupakan suatu wujud kepedulian dari seluruh pejabat pemerintah sebagai sedekah atau derma yang dikumpulkan dan diserahkan dalam bentuk Kartu BPJS Ketenagakerjaan untuk dapat dirasakan langsung oleh para pekerja informal yang ada di Kota Bitung,” Jelas Lomban

Lomban juga mengatakan dari kuota yang direncanakan pada tahun 2019 ini, sudah terdaftar sebanyak 1037 orang dan pada Tahap I akan diserahkan Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan bagi 597 orang Peserta Pekerja Sektor Informal, sebagai berikut: 347 Tukang Ojek, 47 Tukang Kayu, 12 Tukang Batu, 1 Tukang Bangunan, 73 Buruh Harian Lepas, 19 Sopir, 2 Buruh Tani, 1 Pedagang, 85 Guru Paud, 10 Nelayan.

“Diharapkan program ini dapat membantu memudahkan para Pekerja Sektor Informal untuk lebih percaya diri dan semangat dalam bekerja sehingga dapat meningkatkan kapasitas Pembangunan dan Ekonomi Kota Bitung, stabilitas keamanan dan kesejahteraan masyarakat serta dapat menunjang Bitung sebagai Kota Pariwisata,” tukasnya.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kota Bitung DR Audy Pangemanan, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Utara Tri Chandra Kartika, SE MM, Kepala Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Kota Bitung Widhi Astri Aprilia,NK, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung Wenas Luntungan, SH,MH, Camat dan Lurah, Pekerja Sektor Informal. (REFLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*