Selasa, 17 September 2019

Minahasa Ukir Prestasi Pembangunan Daerah Terbaik ke III Tingkat Provinsi

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavianus Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RD) hadir dalam kegiatan Musrenbang Regional Sulawesi Tahun 2019 dan Pembukaan Musrenbang RKPD 2020 Provinsi Sulawesi Utara pada Senin (1/04) tadi di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Dalam momentum tersebut, mewakili seluruh rakyat Minahasa, Wakil Bupati RD menerima Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik ke III Tingkat Provinsi Sulawesi Utara. “Penghargaan ini adalah buah kerja keras dari seluruh masyarakat Minahasa,” ujar RD sapaan akrab Wabub Minahasa.

Sebelumnya saat memberi sambutan, Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw meminta supaya seluruh peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sampai tuntas. Karena Kegiatan Musrenbang sesuai dengan tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi, pengembangan pembangunan daerah jangka panjang, dan rencana pembangunan jangka menengah serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah.

“Rencana pembangunan jangka menengah, karena tidak ada daerah yang bisa berdiri sendiri baik kabupaten kota maupun provinsi harus saling suplementer dan komplementer karena ada timbal balik dengan sebab akibat dari pembangunan daerah dalam menetapkan pendekatan kepada Kementerian,” ujar Kandouw.

Kandouw juga mengajak supaya bersama-sama mencermati masalah perdagangan. Dan harus diciptakan cluster-cluster di pulau Sulawesi dengan industri barang-barang dan produk-produk dari Sulawesi saja yang di gunakan. Tidak ambil dari pulau yang lain. “Begitupula dengan masalah energi yang kita tahu energi yang ada di Sulawesi berkelebihan yang luar biasa dengan 60 KW. Tapi kita masih mengontrak kapal listrik dari Turki selama 32 tahun lagi,” bebernya.9

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Wakil Ketua MPR RI E E Mangindaan, mewakili Menteri Dalam Negeri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Dalam Negeri RI Drs Teguh Setyabudi, Gubernur – Gubernur Se Sulawesi, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Hajah Erni Anggraini Anwar, Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo Idris Rahim, Forkopimda Sulawesi Utara Bupati/Walikota se Sulawesi Utara. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*