Jum'at, 6 Desember 2019

Dinas Dukcapil Minahasa Buka Pelayanan Senin-Minggu

manadomanadoterkini.com, TONDANO – Masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan akan ‘dimanjaman’ beberapa waktu kedepan. Pasalnya, jelang pesta demokradi Pemilu 2019, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa akan tetap melayani meski hari libur.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Dukcapil Minahasa, Riviva Maringka. “Hal ini dalam rangka menyukseskan penyelenggaran Pemilu. Jadi selain hari dan jam kerja normal, kami juga lembur. Bahkan pada hari Sabtu dan Minggu yang adalah hari libur bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kami tetap buka,” ujar Maringka, Jumat (5/05).

Lanjutnya, pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu hanya khusus tanggal 6,7,13 dan 14 April 2019. “Namun pada tanggal 17 April yang merupakan hari penyelenggaraan Pemilu, sebelum pemungutan suara berlangsung kami tetap melayani perekaman KTP elektronik,” jelas Maringka.

Kebijakan tersebut, menurutnya adalah untuk menindaklanjuti Surat Kemendagri Nomor 471.13/2518/Dukcapil tertanggal 28 Maret 2019 yang menginstruksikan kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota untuk meningkatkan pelayanan khususnya perekaman e-KTP. “Pelayanannya di kantor Dukcapil Minahasa, dibuka mulai pada jam 08.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita,” katanya.

Maringka menyebut jika kebijakan itu dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada warga Minahasa yang belum melakukan perekaman e-KTP supaya bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2019. “Disamping itu, pelayanan mobile di kecamatan, desa dan kelurahan tetap dilakukan sesuai jadwal yang telah ditentukan,” pungkasnya. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*