Senin, 18 November 2019

Minahasa Menuju Kabupaten Sehat Tingkat Pembinaan

minahasamanadoterkini.com, TONDANO – Tahun 2015 lalu, Minahasa telah mendapatkan penghargaan kabupaten sehat tingkat pemantapan, ‘Swasti Saba Padapa’. Diharapkan, tahun 2019 ini, bisa naik ke tingkat pembinaan, ‘Swasti Saba Wiwerda’.

Target tersebut diungkapkan langsung Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi (ROR) saat menerima kunjungan dari Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan RI di Kabupaten Minahasa

“Kabupaten/kota sehat merupakan program unggulan Kemendagri dan Kemenkes RI. Program ini bertujuan mewujudkan kondisi masyarakat hidup bersih, nyaman, aman dan sehat. Untuk mendukung program ini dibutuhkan peran aktif dan kontribusi langsung masyarakat,” ujar Bupati.

Sementara Kadis Kesehatan Minahasa dr Maya Rambitan mengatakan bahwa sejak tahun 2018 hingga saat ini, Pemkab Minahasa telah melakukan persiapan untuk diajukan verifikasi tingkat nasional pada lima tatanan.

“Lima tatanan itu, pemukiman sarana dan prasarana umum sehat, kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat, ketahanan pangan dan gisi, pariwisata sehat dan lalulintas tertib dan pelayanan transportasi,” jelas Rambitan.

Tim Verivikator Kabupaten Sehat dari kementrian Kesehatan RI yang dipimpin Diana Nurhayati menjelaskan hingga saat ini sudah dalam proses verifikasi. Sebelumnya proses administrasi Kabupaten Minahasa sudah dianggap baik dan lolos hingga tahap verifikasi.

“Dalam dua hari ini kami bersama tim akan lakukan pengecekan tentang bagaimana program-program kabupaten sehat di Kabupaten Minahasa. Semoga hasilnya adalah yang terbaik bagi Minahasa,” ungkapnya. (fis)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*