ROR-RD Ikuti Rapat Paripurna Penyampaian Keputusan DPRD Terhadap LKPJ 2019

Minahasamanadoterkini.com, MINAHASA – Bupati Dr Ir Royke O Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (ROR-RD) mengikuti Rapat Paripurna Penyampaian Keputusan DPRD Kabupaten Minahasa Terhadap Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun Anggaran 2019 pada Selasa, (19/05/20) siang tadi.

Dalam rapat yang dilaksanakan melalui video conference tersebut, ROR mengatakan bahwa LKPJ adalah kewajiban secara moral maupun konstitusional selaku kepala daerah untuk mempertanggungjawabkan amanah rakyat Minahasa yang dipercayakan kepada dirinya dan Wakil Bupati Robby Dondokambey guna diaktualisasikan dalam pembangunan.

“Pola pertanggungjawaban ini sangat penting dalam kerangka membangun komunikasi yang efektif dan konstruktif dengan masyarakat minahasa yang dipresentasikan oleh lembaga yang terhormat ini. Sehingga hari ini kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas apa yang telah dilakukan, khususnya oleh Pansus LKPJ baik dari pembahasan hingga pencapaian keputusan DPRD dan rekomendasi,” ujar Bupati ROR.

Apa yang telah direkomendasikan oleh Pansus akan ditindak lanjuti, agar komitmen dan tekad untuk memberikan nilai tambah positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pembangunan yang berpusat pada masyarakat dapat terwujud.

Namun disadari pembangunan bukanlah sesuatu yang langsung tersedia, tetapi memerlukan upaya dan kerja keras secara terencana, konsisten dan continue. Disamping itu pembangunan ada yang sifatnya investasi dan ada yang langsung dirasakan masyarakat.

“Hal ini perlu disampaikan agar kita tidak terjebak pada penilaian yang tidak memiliki parameter yang jelas. Segala masukan kearah yang lebih baik akan kami terima dengan tulus,” ungkapnya.

Disadari juga tantangan kedepan semakin berat dan kompleks terutama dengan upaya untuk melawan kemiskinan dan keterbelakangan. Arah pembangunan akan terfokus pada peningkatan kesejahteraan rakyat. Berharap juga semoga pandemi Covid-19 ini cepat berakhir. Karena itu perlu mendesain strategi pengembangan ekonomi daerah yang lebih tepat.

“APBD kita tahun 2020 ini sangat berat karena tidak ada sentuhan pembangunan bagi masyarakat. Kita tahu bersama saat ini dunia sedang dilanda Covid-19 termasuk Indonesia, karena itu pemerintah pusat sampai ke tingkat daerah sedang mengupayakan untuk memutus mata rantai pandemi Covid-19,” jelasnya.

Pemkab Minahasa juga terus mensosialisasikan social distancing dan physical distancing dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah diterapkan.

“Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota DPRD karena telah membantu Pemerintah Kabupaten Minahasa dengan menggeser anggaran reses dan perjalanan dinas dan diperuntukan untuk penangan dampak Covid-19. Kita semua tentu merasa terpanggil untuk berdoa bersama agar Pandemi ini cepat berlalu dan kiranya Tuhan senantiasa melindungi kita semua dari Penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Rapat paripurna tersebut juga diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Frits Muntu, SSos, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Glady Kandouw SE, para anggota DPRD, Forkopimda serta jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa. (fis)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan