Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Perencanaan dan Penganggaran APBD Kota Bitung Tahun 2022 Berbasis Kinerja

×

Perencanaan dan Penganggaran APBD Kota Bitung Tahun 2022 Berbasis Kinerja

Sebarkan artikel ini

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Pemkot Bitung menggelar rapat Evaluasi Perencanaan dan Pengangaran APBD Tahun 2022. Kegiatan yang dibuka langsung Wali Kota Maurits Mantiri diselenggarakan di ruang SH Sarundajang, Kamis (24/03/22) dengan menghadirkan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara.

Wal Kota menjelaskan pentingnya kegiatan tersebut dalam rangka memastikan semua dapat berjalan sesuai jalur dan juga sebagai evaluasi perencanaan anggaran APBD tahun 2022.

“Kegiatan ini kami nilai sangat penting dan strategis, dalam mengevaluasi perencanaan dan penganggaran APBD tahun 2022 yang berbasis kinerja guna memperhatikan keterkaitan rencana pendanaan dan keluaran atau hasil yang diharapkan termasuk efisien dalam pencapaian sehingga prinsip-prinsip transparasi, efisien, efektivitas, dan akuntabilitas dapat dicapai,” ujar Maurits.

Maurits juga menambahkan, untuk mendukung sistem penganggaran berbasis kinerja yang menetapkan kinerja sebagai tujuan utama maka diperlukan alat ukur yang jelas dan transparan (performance indicator).

“Indikator kinerja juga diperlukan adanya sasaran yang jelas agar kinerja dapat diukur dan diperbandingkan sehingga dapat dinilai efisiensi dan efektivitas dari pekerjaan yang dilaksanakan serta dana yang telah dikeluarkan untuk output atau kinerja yang telah ditetapkan.”ungkap Maurits.

Wali Kota Bitung juga beharap agar pelaksanaan kegiatan evaluasi dan perencanaan penganggaran APBD tahun 2022 oleh BPKP dapat diikuti dengan baik dan seksama oleh semua perangkat daerah dalam rangka pemahaman bersama terkait perencanaan penganggaran yang berbasis kinerja.

“Diharapka hasilnnya dapat diimplementasikan di lingkungan pemerintah Kota Bitung dalam penyusunan anggaran dimasing-masing perangkat daerah,” pungkas Maurits Mantiri.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, kepala kantor perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring, korwas BPKP Provinsi Sulut Glen D. Siwu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sikamang, inspektur Kota Bitung Youke Senduk, asisten pemerintahan dan kesra Kota Bitung Julius M. Ondang, serta para perangkat daerah Pemkot Bitung.

(**/Jorry)