Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

James Sumendap Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD Mitra

×

James Sumendap Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan RSUD Mitra

Sebarkan artikel ini

RATAHAN, (manadoterkini.com) – Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Bupati James Sumendap SH, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yang berlokasi di Jalan Towuntu Timur Kecamatan Pasan.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan ini merupakan bagian dari tanggung jawab dan komitmen Pemerintah Deerah untuk meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat, khususnya dibidang kesehatan. “Sehingga masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan dibangunnya RSUD ini,” ujarnya.

Dijelaskan Bupati, RSUD Mitra akan mulai beroperasi pada Tahun 2016. Sejak saat ini, kita akan pacu pembangunannya. Nantinya ketika beroperasi tahun depan, akan diusahakan memiliki fasilitas memadai dan tenaga medis mulai dari dokter, perawat dan bidan yang ahli juga berkualitas. “Langkah awal akan disediakan dokter ahli kebidanan, anastesi, penyakit dalam dan anak, kemudian akan dibangun juga perumahan untuk para dokter, pokoknya RSUD yang dibangun ini benar benar beroperasi sebagaimana fungsinya dan menyentuh langsung pada masyarakat Mitra,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Rinny Tamuntuan mengatakan bahwa dana pembangunan RSUD lewat anggaran DAK tambahan yang tercantum dalam peraturan Presiden nomor 36 tahun 2015 dan Permenkeu nomor 92/PMK.07/2015 mengenai DAK tambahan usulan daerah 2015.

“Jadi anggaran dari DAK tambahan sebesar 15M dan selanjutnya dinkes dalam penganggaran berkelanjutan RSUD tahun 2016 memasukan usulan anggaran lewat e-planning di kemenkes sebesar 80M dimana mencakup penyediaan bangunan dan alat kesehatan yang memadai,” jelasnya.

Peletakan batu didahului dengan ibadah yang dilayani Pdt Anna Rorimpadey,SE dan dihadiri anggota DPRD, Para pejabat pemkab serta Jajaran Dinas Kesehatan dan Hukum Tua se Kecamatan Pasan. (bmw/chris)