Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususPemerintahan

Kunjungan Perdana Pulau Terluar, Dondokambey Canangkan Desa Bebas Miras

×

Kunjungan Perdana Pulau Terluar, Dondokambey Canangkan Desa Bebas Miras

Sebarkan artikel ini

ollymanadoterkini.com, SULUT – Setelah dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandouw bersama-sama melakukan kunjungan kerja (Kunker) perdana mereka di beberapa pulau terluar NKRI, yakni di Kabupaten Kepulauan Talaut, Kamis (21/04/2016).

sulutKunjungan Gubernur Olly Dondokembey dan Steven Kandouw (OD-SK) bersama Ketua TP-PKK Ir Rita Dondokambey-Tumuntuan serta Wakil Ketua dr Devi Kandouw-Tanos yang didampingi juga Forkopimda Sulut di Kabupaten Kepulauan Talaud ini, mendapat sambutan hangat dari Bupati Talaut Sri Wahyuningsih Manalip, tokoh masyarakat dan ribuan warga Talaut.

ollyPada kunjungan tersebut, OD-SK berkesempatan mencanangkan 4 Desa Bebas Minuman Keras. 4 Desa tersebut antara lain, Desa Musi Satu Kecamatan Lirung, Desa Arangkaa Kecamatan Geme, Desa Musi Kecamatan Lirung, Desa Laluhe Kecamatan Nanusa dan secara simbolis menyempatkan diri menanam pohon.

OD-SKBahkan dalam kesempatan pertemuan dengan warga, mantan Banggar DPR RI ini, langsung merespon harapan dan keinginan masyarakat perbatasan. Seperti halnya akses jalan, perbaikan fasilitas dermaga hingga penempatan tenaga medis serta pembangunan Tower jaringan telekominikasi.

Sulut hebat
Sambutan Gubernur Olly di Talaud

“Saya akan memasukan dalam APBD/APBN 2017, untuk akses jalan dan perbaikan pelabuhan. Sedangkan harapan yang menjadi keinginan masyarakat lainnya, akan direalisasi tahun ini, seperti penempatan tenaga media. Bulan depan akan diturunkan Tim Sehat Nusantara komplit Dokter dan Bidan termasuk pembangunan Tower,” tandas Dodokambey.

OD-SK
Penyerahan Kunci oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey kepada Bupati Talaud

Pemerintahan OD-SK juga berkomitmen menyediakan fasilitas sarana pendidikan, terlebih khusus di pulau-pulau terluar dan terpencil di Sulut. Hal ini dalam rangka mencerdaskan anak-anak bangsa sebagai generasi penerus bangsa.

OD-SK“Pembangunan bukan saja hanya dalam bentuk fisik, tapi juga pembangunan sumber daya manusia, yang diharapkan kedepanya dapat membantu membangun Kabupaten Talaud lebih baik,” tandasnya saat kunker hari kedua, menutup pelaksanaan Musyawarah Kerja (Muker) Sekolah Menengah Kerjuruan (SMK) se-Sulut, yang sekaligus bertatap muka dengan para ASN di Pulau Porodisa, di SMK Negeri Melonguane.

Tidak hanya itu Gubernur juga menginginkan perlu meningkatkan ilmu pengetahuan dan tehnologi (IPTEK) bagi anak didik SMK agar tidak ketinggalan.

OD-SK“Saya harapkan anak-anak didik di Talaud, dalam menghadapi MEA, perlu meningkatkan sumberdaya dibidang tehnologi,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Gubernur meresmikan SMK Negeri Salibabu yang ditandai dengan penanadatanganan prasasti. Gubernur juga mengapresiasi Diknas Sulut yang sudah menyiapkan sarana dan prasarana termasuk rangkaian seluruh kegiatan Musyarah Kerja SMK di Talaud, sehingga dalam agenda kegiatan kunjungan kerja bisa dapat bertatap muka langsung dengan guru-guru SMK se-Sulut.

OD-SKDisamping itu, Gubernur berharap ASN di Talaut dapat mendukung kepemimpinan Ibu Bupati Sri Wahyuni Manalip yang sudah bekerja keras membangun daerah itu. “Saya minta semua ASN, mendukung Bupati dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk , percepatan pembangunan di daerah paling utara di Provinsi Sulut, sehingga masyarakat bisa menikmati hasil-hasil pembangunan yang ada di Talaud.”

OD-SK
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dikerumuni warga Talaud

Sementara, Kadis Diknas Sulut A. G. Kawatu SE, M.Si menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan di Kepulauan Talaud ini merupakan arahan dari Bapak Gubernur untuk membangun dari pinggiran, terutama mengenai SDM khususnya anak-anak didik.

OD-SK
Ketua TP-PKK Sulut dan Wakil Ketua TP-PKK Sulut

Sedangkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Ir Ritha Dondokambey-Tamuntuan yang didampingi Wakil Ketua Tim PKK dr. Devi Kandouw-Tanos melakukan pertemuan dengan pengurus dan anggota TP.PKK Kabupaten Talaut, sekaligus membuka secara resmi program Geraka Pencegahan Kanker Pada Perempuan Indonesia, di Puskesmas Melonguane.

OD-SK
Sambutan Ketua TP-PKK Sulut Rita Tamuntuan

Turut hadir, Kapolda Brigjen Pol. Wilmar Marpaung SH, Kajati Tengku Syahrizal SH, serta unsur forkopimda lainya dan para pejabat teras pemprov Sulut.(alfa/advertorial)