Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Jika Paksakan Rasionalisasi ASN, Bupati JS Minta Menpan Mundur

×

Jika Paksakan Rasionalisasi ASN, Bupati JS Minta Menpan Mundur

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, RATAHAN – Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH menyarankan agar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yudi Chrisnadi untuk mundur, jika memaksakan rasionalisasi Aparat Sipil Negara (ASN).

“Kalau rasionalisasi dipaksakan, maka saya menyarankan Menpan mundur saja, karena kebijakan tersebut sangat tidak tepat,” tegas Sumendap, belum lama ini.

Lanjut, Bupati Sumendap mencontohkan Kabupaten Mitra, dimana anggaran daerah untuk belanja pegawai di Mitra masih sangat memungkinkan, masih 35% belanja pegawai.

“Jadi di sangat tidak mungkin di Minahasa Tenggara dilakukan rasionalisasi. Harusnya kebijakan tersebut jangan hanya asal,” ujarnya.

Ditambahkan Sumendap, kebijakan Menpan melakukan rasionalisasi tersebut, juga bakal berdampak pada citra pemerintah Presiden Joko Widodo.

“Menteri seharusnya pahami, jika nantinya ini dipaksakan, maka dampaknya akan ke Presiden, yang akan menurun simpati masyarakat. Jika kebijakan tersebut benar-benar dipaksakan, maka daerah yang belanja pegawainya telah mencapai 65% dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), itu yang harus dirasionalisasi, namun harus juga memperhatikan dan mempertimbangkan segala aspeknya, termasuk dampaknya pada rakyat,” tandasnya.(Ger/Pow)