Selasa, 31 Maret 2020

4 Tahun OD-SK, Koperasi Sulut Ciptakan Ribuan Tenaga Kerja

OD--SK

Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw

manadoterkini.com, SULUT – Memasuki empat tahun kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK), semuanya bergerak cepat berpacu untuk menuntaskan visi, misi dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Memasuki emapt tahun kepemimpinan OD-SK tepatnya pada 12 Februari 2020, banyak program kegiatan yang terlaksana diberbagai bidang, tercatat selesai dan sukses bahkan ada yang menjadi percontohan.

Dari data yang diterima pada Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Daerah Sulawesi Utara, dalam penyelenggaraan urusan Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah contohnya, telah mampu memberikan hasil signifikan. Antara lain penguatan kelembagaan dan usaha koperasi.

Jumlah penduduk Sulawesi Utara pada tahun 2018 yang mencapai 2.48 juta jiwa (BPS, 2018), dengan jumlah angkatan kerja sebanyak 1,19 juta orang dan yang bekerja ada 1,13 juta orang (BPS, Februari 2019), yang terserap melalui 6.320 koperasi dan 94.153 UMKM di Sulawesi Utara adalah sebanyak 321.489 tenaga kerja atau 27.01% dari total angkatan kerja di Sulawesi Utara.

OD-SK

Dorong Bersaing Hingga Pasar Internasional, Wagub Kandouw Beli Produk UMKM

Sementara itu total Koperasi pada Desember 2019 berjumlah 6.320 unit, dengan total Koperasi Aktif berjumlah 3.617 unit dan Koperasi Tidak Aktif berjumlah 2.703 unit, dan total Koperasi yang sudah bersertifikat NIK berjumlah 309 Koperasi.

Untuk UMKM sendiri pada tahun 2019 sebesar 94.153 unit, meningkat sebesar 11.57% dari 84.392 unit pada tahun 2018.

Selanjutnya melalui urusan ini maka telah diadakan promosi-promosi melalui misi dagang maupun pameran-pameran untuk mempromosikan produk-produk unggulan Sulawesi Utara.

Melalui dana DAU dan DAK telah dilaksanakan pelatihan-pelatihan bagi Koperasi dan Wirausaha untuk menambah keterampilan dan daya saing dan telah dilatih 1.770 orang yang diharapkan dapat menjadi wirausaha baru yang berdaya saing.

SULUT

Gubernur Sulut Olly Dondokambey disela-sela kunjungan Presiden RI Joko Widodo di daerah Nyiur Malambai

Sementara itu, Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara yang mempunyai tugas Pokok yaitu membantu Gubernur dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah Provinsi Sulawesi Utara, pelaksanaan pembinaan atas penyelenggaraan pemerintah daerah Kabupaten/Kota dan pelaksanaan urusan pemerintahan di daerah Kabupaten/Kota.

Telah mampu mencapai masing-masing indikator kinerja utama Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara adalah dengan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan 15 Kabupaten/Kota.

Secara umum realisasi indikator ini sudah tercapai dengan baik, dengan persentase capaian pada tahun 2019 sebesar 100%. Dengan realisasi Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi Kategori B, dan realisasi Kab/Kota rata-rata C.

Nilai LPPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan 15 Kabupaten/Kota.  Secara umum realisasi indikator ini sudah tercapai dengan baik, dengan persentase capaian pada tahun 2019 sebesar 100%. Dengan realisasi Nilai LPPD Pemerintah Provinsi Nilai Tinggi, dan realisasi Kab/Kota rata-rata Tinggi.

SUlut HebatMeningkatnya Level Maturitas SPIP. Realisasi indikator ini 100%, Level Maturitas SPIP dengan Level 3 (tiga) dari target Level 3 (tiga).

Mempertahankan Opini BPK WTP terhadap Pengelolaan Keuangan, realisasi indikator ini sudah tercapai dengan baik, dengan persentase capaian pada tahun 2019 sebesar 100%.

Meningkatnya Level Kapabilitas APIP. Realisasi indikator ini sebesar (1). Level Kapabilitas APIP dengan realisasi sebesar 2 (dua) dari target sebesar 3 (tiga), sehingga persentase capaiannya sebesar 80%.

Data menunjukkan prosentase penyampaian LHKPN. Realisasi Indikator ini sebesar 98,23%% dari target sebesar 100%. Secara umum realisasi indikator ini 98,2%.

Presentase Penangan Pengaduan Masyarakat. Realisasi indikator ini sudah tercapai dengan baik, dengan realisasi 80%, rencana target 100% dengan presentase capaian 80%.

Dengan begitu beberapa program kinerja ini yang dinahkodai oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw telah menunjukan keberhasilan yang dinilai baik. (Adv/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*