Pilkada Serentak 9 Desember 2020, Kemendagri: Tidak Ada Opsi Lain

manadoterkini.com, SULUT – Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum/Kapuspen Kemendagri Dr. Drs. Bahtiar M.Si dalam rapat konsolidasi pelaksanaan sosialisasi PiIkada serentak tahun 2020 mengatakan tidak ada opsi lain, keputusan sudah diambil Pilkada dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020.

“Tahapan pelaksanaannya dimulai tanggal 15 juni 2020 dan setiap tahapan wajib menerapkan protokol standar COVID-19,” katanya melalui zoom meeting 10 Juni 2020 lalu.

Bahtiar berharap dukungan dan peran Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam menjamin ketersediaan Anggaran, menjaga Stabilitas Politik dan Keamanan, menjaga netralitas ASN, serta memberikan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kepada KPU dan mendukung penyelenggara Pemilu dalam setiap Tahapan pilkada 2020 dengan menggunakan Protokol COVID-19.

Harapan juga disampaikan agar mengoptimalkan Forkopimda, mendorong sinergitas aparat dan stakholder terkait, mengoptimalkan peran Forum Kemitraan serta mendorong peran Toga, Tomas, Todat dalam menjaga kondusifitas.

Sementara itu Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam pengatar Diskusi Webinar yang di gelar AIPI Cabang Manado bekerjasama dengan JADI mengatakan Optimis Sulawesi Utara sudah Siap melaksanakan Pilkada Damai dan Demokratis.

Kandouw berharap dukungan peran masyarakat untuk mampu bekerjasama dengan Pemerintah dan penyelenggara serta menaati semua aturan Pilkada dan aturan protokol kesehatan pada saat pelaksanaan Pilkada di setiap tahapannya.

Bahkan lebih dari pada itu, di tengah pandemi ini diharapkan ada peningkatan partisipasi pemilih, sehingga sukses Pilkada bisa tercapai, harap Kandouw. (*/Rizath)

Kemendagri Pilkada serentak Sulut

Posting Terkait

Tinggalkan pesan