Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Minahasa Tenggara

Hadapi Erah Digital, Pemkab Mitra Wajibkan Pimpinan SKPD Miliki Sertifikat Elektronik

×

Hadapi Erah Digital, Pemkab Mitra Wajibkan Pimpinan SKPD Miliki Sertifikat Elektronik

Sebarkan artikel ini

Mitramanadoterkini.com, MITRA – Sertifikat Elektronik menjadi Program utama pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) kepata Satuan Kerja Prangkat Daerah (SKPD) hal ini sebagai langka pemerintah dalam menghadapi erah digital dalam sistim berbasis elektronik.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda), David Lalandos, saat membuka sosialisasi Implementasi Sertifikat Elektronik, akan mempermuda kinerja dalam hal laporan sistem online, Sosialisasi yang digelar di Kantor Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo SP), Rabu (1/12/2021).

“Memang harus di akui, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Mitra yang diatas 50 an, masih bingung dalam penerapan sistem ini, tapi mau tidak mau sistem ini  harus segera dilaksanakan aagar seluruh kepala SKPD sudah miliki sertifikat elektronik supaya mempermudah kerja,” ungkap David Lalandos.

Dari laporan Kepala Dinas Kominfo, sudah enam pejabat yang miliki sertifikat tanda tangan elektronik, namun pemanfaatannya baru bupati dan wakil bupati.

“Sistem ini akan sangat penting untuk mempercepat laporan dan kegiatan kerja,” katanya.

Semisal menurutnya, untuk kebutuhan tanda tangan dan salah satu pejabat tidak ada di tempat maka akan memakan waktu.

“Dengan pemanfaatan teknologi lewat tanda tangan digital tidak akan memakan waktu lama. Namun diingatkan, tidak semua dokumen bisa menggunakan tanda tangan digital,” pungkasnya. (win)