Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Liputan KhususMinahasa Selatan

Pemkab Minsel gelar seleksi terbuka JPTP, Ini Pesan Bupati FDW

×

Pemkab Minsel gelar seleksi terbuka JPTP, Ini Pesan Bupati FDW

Sebarkan artikel ini
minsel
Seleksi terbuka JPTP di lingkup Pemkab Minsel

manadoterkini.com, AMURANG – Sebanyak 28 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Minsel mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di aula lantai IV Kantor Bupati Minsel, Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Senin (6/12/2021).

Seleksi tersebut dibuka langsung Bupati Minsel, Franky Donny Wongkar, SH didampingi Wakil Bupati Pdt Petra Y Rembang MTh dan Sekretaris Daerah Denny Kaawoan SE Msi selaku Ketua Pansel.

minsel
Sambutan dan arahan Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH

Bupati Frangky D Wongkar SH mengatakan, 28 ASN yang ikut seleksi merupakan birokrat terbaik yang memiliki kemampuan dan potensi, serta sudah memenuhi kriteria baik masa kerja, pangkat dan golongan.

”Tetap tenang  dan jangan tegang, karena seleksi ini dilakukan dalam rangka pengembangan karir dan kompetensi ASN,” pesan Bupati FDW yang dikenal disiplin waktu dan taat aturan ini.

Dia menambahkan, ASN yang nantinya mendapat  kepercayaan jabatan adalah orang hebat, dan  terbiasa  bekerja team, karena kalau “superman”  banyak, namun superteam akan membuat Kabupaten Minsel cepat maju, berkembang dan hebat.

minsel
Pengalungan tanda peserta oleh Bupati Minsel Franky Wongkar SH kepada ASN Pemkab Minsel

”Jangan ada lagi oknum ASN  yang masih terbawa kebiasaan lama, apalagi mo tangani  bantuan mo lia – lia warna.  Sudah jo stop tu bagitu stop jo karna oknum – oknum ini merusak tatanan pemerintahan ,” tegas Bupati, yang pada kesempatan itu menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada peserta seleksi.

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana (Pansel) seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama, Denny Kaawoan yang juga Sekda Minsel mengatakan, tujuan seleksi terbuka  adalah untuk melaksanakan amanat undang-undang (UU), dalam hal ini UU  nomor 5 tahun 2014 pasal 103 ayat (3),  pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan secara terbuka dan kompetitif di kalangan ASN atau PNS dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan pelatihan, rekam jejak jabatan, dan integritas serta persyaratan jabatan lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

minsel
Foto bersama Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, Wakil Bupati Petra Y Rembang, Sekda Minsel selaku Ketua Pansel Denny Kaawoan dan Tim Seleksi bersama ASN Pemkab Minsel selaku peserta seleksi

“Tahapan kegiatan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak, kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 25 November s/d 4 Desember 2021, assessment test akan dilaksanakan hari ini (kemarin,red), tes penulisan makalah akan dilaksanakan tanggal 7 Desember 2021 hari ini, tes wawancara akan dilaksanakan pada tanggal 13 & 14 Desember 2021,

Asal tahu saja, jabatan pimpinan tinggi pratama yang akan diisi, masing- masing Kepala Dinas Pekerjaan Umum  dan Penataan Ruang (PUPR), Inspektur Daerah, Kepala Dinas Pangan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Asisten Administrasi Umum.

 

minsel minsel

 

Inilah dasar pelaksanaan kegiatan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama dilakukan Pemkab Minsel :

  1. Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara.
  2. Peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil sebagaimana telah diuba inih dengan peraturan pemerintah nomor 17 tahun 2020;
  3. Peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian jabatan pimpinan tinggi secara terbuka dan kompetitif di lingkungan instansi pemerintah.
  4. Surat ketua komisi aparatur sipil negara nomor: b-2107/kasn/6/2021 tanggal 18 juni 2021, perihal rekomendasi rencana seleksi terbuka jpt pratama di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa selatan.
  5. Surat ketua komisi aparatur sipil negara nomor: b-4057/kasn/11/2021 tanggal 11 november 2021, perihal rekomendasi rencana seleksi terbuka jpt pratama di lingkungan pemerintah kabupaten minahasa selatan.

 

(advetorialkominfominsel)