1 Tahun Kepemimpinan Maurits-Hengky, Kota Bitung Raih Deretan Prestasi dan Penghargaan

1 Tahun Kepemimpinan Maurits-Hengky, Kota Bitung Raih Deretan Prestasi dan Penghargaan

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Satu tahun kepemimpinan Wali Kota Maurits Mantiri dan Wawali Hengky Honandar telah membawa Kota Bitung ke arah yang lebih baik dan maju.

Pasalnya, setelah dilantik pada 31 Maret 2021 lalu, segudang prestasi mampu ditorehkan oleh Wali Kota Maurit Mantiri dan Wawali Kota Bitung Hengky Honandar (MM-HH).

bitungMengawali sambutanya, Maurits Mantiri menaikan Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas berkat anugrahNya Maurits-Hengky dapat dimampukan untuk bekerja walaupun ditengah situasi pandemi Covid-19 saat ini.

“Pencapaian kepemimpinan 1 tahun kebelakang tentu saja masih jauh dari harapan kami berdua, namun kami sudah dididik dengan kata Sadar Diri dan Jangan Lupa Diri. Sadar diri mengajarkan kami akan siapa kami yang sebenarnya, dengan kemampuan kapasitas ditengah ekspektasi dukungan masyarakat yang sangat tinggi, kami juga tidak lupa diri bahwa ternyata bukan hanya kami berdua, namun ada 250.000 masyarakat Kota Bitung yang bersama kami, itu tidak akan kami lupakan,” ungkap Maurits.

bitungMaurits juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Forkopimda Bitung, para Staf khusus dan tim percepatan serta semua pihak yang telah membantu sehingga pemerintahan MM-HH dapat berjalan dengan baik serta meraih pencapaian yang diharapkan.

“Terimakasih atas masukkan, ide dan pikiran kepada kami Maurits-Hengky yang kemudian menjadi dasar kami untuk mengambil kebijakan,” beber Maurits.

Selanjutnya, Hengky Hondar mengatakan inti dari semua itu adalah Anugerah Tuhan yang sudah memberikan suatu hikmat untuk mendampingi Maurits Mantiri dalam menjalankan roda pemerintahan bersama di Kota Bitung.

“Menjadi pemimpin di Kota Bitung, merupakan suatu amanat yang diberikan Tuhan kepada kami,” ujar Hengky.

Adapun berbagai capaian keberhasilan pembangunan di kota Bitung yaitu pemerintahan Maurits-Hengky mampu mengatasi setiap permasalahan yang ada ditengah masyarakat, dimana hal itu merupakan filosofi dari MM-HH yang dikenal dengan tagline ‘Buat Mereka Tersenyum’.

bitung bitungHal mendasar dari tekad MM-HH adalah SEPAKAT dimana awalnya Akrononim ini adalah Setia Pada Rakyat (SEPAKAT). Namun direntang perjalanan waktu akronim SEPAKAT lebih dikongkritkan dalam bentuk tindakan nyata sehingga akronim SEPAKAT berubah menjadi Selesaikan Permasalahan Rakyat (SEPAKAT). SEPAKAT ini kemudian dijabarkan kedalam berbagai Program Strategis Unggulan Daerah Selesaikan Permasalahan Rakyat yang di atur melalui Peraturan Walikota Bitung Nomor 8 tahun 2022.

bitungKeberhasilan dan Kesuksesan perjalan satu tahun kepemimpinan Maurits Mantiri sebagai Walikota Bitung dan Hengky Honandar sebagai Wakil Walikota Bitung dalam mewujudkan Bitung sebagai Kota Digital, tak lepas dari beberapa hal diantaranya, secara konsisten selalu terjaga kekompakan, solid dan keharmonisan antara Walikota dan Wakil Walikota dalam memimpin dan melaksanakan tugas, fungsi dan kewenangannya, disertai dukungan aparat yang kompak dan solid sehingga mampu mewujudkan target kerja pemerintahan MM-HH.

MM-HH mampu mewujudkan clean government dalam tata kelola pemerintahan di Kota Bitung, mampu mempertahankan hidup yang rukun dan bertoleransi sehingga Kota Bitung tetap kondusif, aman dan nyaman dalam perbedaan, mampu membangun kolaborasi yang baik dan harmoni antara pemerintah, komponen masyarakat, tokoh tokoh agama, berbagai komunitas, serta keterlibatan investor secara proporsional dan mampu mengimplementasikan visi dan misi secara kongkit, bergerak cepat melalui kegiatan-kegiatan yang jelas dan terencana, dan mampu membangun komunikasi yang baik dan jaringan yang kuat baik dengan pemerintah Pusat maupun pemerintahan Provinsi.

bitungBerikut ini pencapaian yang sudah diraih Maurits-Hengky dalam satahun kepemimpinannya membangun Kota Bitung yakni,

Pemasangan 1001 titik wifi di seluruh RT (Sudah terpasang 625 titik), Micro Data/Bitung satu data 188.129 terdata (83%), Bitung DC/ Smart City
meliputi, Layanan surat menyurat di seluruh perangkat daerah yang terintegrasi dengan sertifikat elektronik BSRE Absensi event dan Absensi pegawai, Penerapan Layanan pengaduan darurat 112, Layanan pengaduan masyarakat melalui aplikasi balapor, Layanan Musyawarah tingkat RT sampai kecamatan lewat musyawarah sepakat, Layanan Infrastruktur Kota lewat Sepakat PUPR, Dashboard Satu Data Kota Bitung yang sementara proses integrasi dengan Badan Pusat Statistik, Layanan Keuangan lewat Financial Document System (FDS), Jaringan Internet yang menghubungkan Perangkat Daerah di Kota Bitung WIFI Publik yang tersebar di 8 kecamatan, Layanan informasi publik lewat website pemerintah kota, Program talenta digital kerja sama dengan kementrian kominfo, pelatihan offline untuk masyarakat dan ASN yang sudah mencapai 500 orang, serta Pemberian Smartphone (akan dilaksanakan pada triwulan lIl tahun 2022).

bitungCapaian program unggulan MM-HH meliputi :

– Bitung Rumah Kita (Program Bedah Rumah dalam tahapan pengumpulan berkas, Rumah Layak Huni berjumlah 218 Unit).
– Bitung Terang Infrastruktur Hebat (Lampu jalan 1365 titik lampu sudah terpasang, percepatan jalan mantap sepanjang 486,18 Km).
– Pemerintahan Hebat (Birokrasi Hebat mendapat Nilai B).
– Kelurahan Hebat (Layanan Kelurahan Hebat-pengajuan masyarakat dimana saja dan kapan saja, proses verifikasi mulai dari RT sampai kelurahan).
– Bitung Bangkit (UMKM Ketuk Pintu sebanyak 4534 UMKM, Petani/ Nelayan Hebat 8.312 Orang, Berkat ojek 16.453 Orang).
– Bitung Peduli (Pemberian insentif Pimpinan Rumah Ibadah Rp. 1.500.000, Dana Duka Rp 2.500.000. / ahli waris dengan total anggaran Rp. 6.632.500.000, 10 Beasiswa S-1, 2 beasiswa S-3, Beasisswa S-2 Luar Negeri Rp. 500.000.000, Bus Lansia, Taman Lansia).
– Bitung Kota Cantik (Pemeliharaan Kebersihan kota sebanyak 120 ton perhari, Penataan taman Kota meliputi Pembangunan Median jalan depan Kantor Walikota 283.26 Meter Pedestrian Jalan A. Mononutu 650 Meter).

bitungBerikut ini penghargaan yang sudah diraih Maurits-Hengky dalam satahun kepemimpinannya membangun Kota Bitung yakni,

Penghargaan Universal Health Coverage dan Apresiasi dari BPJS, Penghargaan WTP 10 kali berturut turut 2011-2021, Penghargaan atas Perlindungen Jaminan Sosial Ketenagakerjan yang diberikan kepada pekerja rentan sebanyak 25.000, non ASN/THL 970 Aparat Desa/Perangkat kampung/perangkat lingkungan 1270, Gelar Anugerah Rahita Ekapraya (APE) tahun 2021, Penghargaan atas Perlindungan Jaminan Ketenagakerjan oleh Dirut BP Ketenagakerjaan, Wali Kota mendapat penghargaan dari BNN, Penghargaan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) 2022 dan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 2020, Penghargaan PERPAMSI Award 2021, Penghargsan NATAMUKTI 2021, Peringkat pertama dalam PTSL se Provinsi Sulawesi Utara, Penghargaan atas kinerja pemerintah dalam bidang kebinamargan penyelenggaraan jalan terbaik kedua Nasional kategori Pemerintah Kota.

(Advertorial)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.