Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususPemerintahan

Sulut Jadi “Pintu Gerbang” untuk Korsel, Olly Dondokambey tandatangani MoU dengan Jeju Air

×

Sulut Jadi “Pintu Gerbang” untuk Korsel, Olly Dondokambey tandatangani MoU dengan Jeju Air

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Jeju Air CEO E-Bae Kim akhirnya sepakat menandatangani nota kesepakatan kerjasama (MoU) antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Jeju Air di rumah dinas Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto, Jumat (16/9/2022).

Dengan begitu, cita-cita menjadikan Sulut sebagai Pintu Gerbang mulai terwujud dengan penandatanganan MoU itu. MoU dimaksud adalah Mutual Development on Tourism and Creative Economy. Penandatanganan tersebut disaksikan langsung Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

korselDengan ditandatanganinya MoU tersebut itu berarti peluang dibukanya penerbangan langsung dari Korea Selatan ke Manado, Sulawesi Utara, pulang pergi (PP) bakal terwujud.

Pada kesempatan itu, Gubernur Olly Dondokambey mengatakan satu hal yang menjadi daya tarik Sulut adalah jarak tempuh Korea Selatan ke Sulut yang sangat dekat.

korsel“Penerbangan Jeju – Manado ditempuh sekitar 5 jam, sehingga jarak tempuh akan membuat penumpang lebih nyaman karena tidak memakan waktu yang banyak. Jadi sangat mungkin (dibuka) penerbangan Korsel ke Indonesia.”

“Maka Manado bisa menjadi bandara hub (Penghubung maskapai penerbangan, red) dari Manado menuju destinasi wisata lainnya di Indonesia seperti Bali, Jakarta, Maluku dan sebagainya,” ujar Olly Dondokambey.

Olly menambahkan, Bandara Sam Ratulangi di Manado bisa beroperasi 24 jam.

olly“Jadi kedatangan ke Manado tidak perlu ada visa, nanti bisa on arrival nanti diurus di bandara. Dan lagi, bulan Desember nanti Marriot Hotel dengan kapasitas 250 kamar sudah bisa dioperasikan, sudah sangat mendukung untuk kedatangan turis dari Korea,” tegasnya.

Di sisi lain, Olly Dondokambey menjamin, jumlah kunjungan wisatawan dari Indonesia ke Korea Selatan juga akan banyak dikarenakan banyaknya masyarakat terlebih di Kota Manado yang menyukai fasilitas kecantikan di Korsel.

“Saya sudah dua kali ke Korea Selatan dan saya lihat fasilitas disini sangat disukai ibu-ibu di Kota Manado. Saya yakin akan banyak kunjungan ke Korsel,” ujar Olly.

korselSementara itu Jeju Air CEO E-Bae Kim merespon positif hubungan kerjasama antara Jeju Air dan Pemprov Sulut karena sejauh ini penerbangan dari Korea Selatan ke Indonesia hanya 23 kali per minggu.

“Saya juga tidak sabar untuk bekerjasama dengan Sulawesi Utara, Indonesia, dan sangat ingin agar jalur penerbangan bisa didapat agar hubungan negara kita lebih baik,” ujar Kim.

Selain menjajal kerjasama dengan Jeju Air, Olly juga ikut mempromosikan Sulawesi Utara kepada Busan Port Authority. (advkominfo)