Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususPemerintahan

HUT ke-58 Provinsi Sulut, OD-SK Gelorakan Semangat “Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama”

×

HUT ke-58 Provinsi Sulut, OD-SK Gelorakan Semangat “Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama”

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) dibawah kepemimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) telah melakukan serangkaian kegiatan HUT ke-58 Provinsi Sulut dengan mengangkat tema “Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama”

sulutDalam Upacara HUT ke-58 Provinsi Sulut, Gubernur Olly Dondokambey bertindak sebagai pemimpin upacara yang digelar di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Jumat (23/9/2022).

Dalam sambutannya, Olly Dondokambey bertindak sebagai Inspektur Upacara menyampaikan HUT Provinsi tahun ini mengangkat tema “Bangkit Bersama, Sejahtera Bersama”, seluruh komponen yang ada telah berjuang dan berhasil bersama untuk pulih dari pandemi Covid-19.

sulut“Saat ini WHO maupun pemerintah pusat sudah menyatakan bahwa pandemi sudah berganti menjadi endemi. Untuk itu, kita tinggal mempercepat upaya bersama untuk pulih, dan bangkit lebih kuat, bangkit bersama, menuju kemajuan dan peningkatan kesejahteraan,” ujar Olly Dondokambey.

sulutOlly menilai, dalam upaya pemulihan saat ini peringatan HUT Provinsi ke-58 sangatlah tepat untuk dijadikan momentum refleksi, mulai dari apa yang telah diperjuangkan oleh para Pendiri dan para Pendahulu terhadap Bumi Nyiur Melambai, hingga perjuangan saat ini penanganan bersama akan pandemi.

“Berbagai capaian prestasi bisa kita peroleh. Pembangunan rumah sakit dan sejumlah infrastruktur hingga menambah jalur ekspor, semua ini karena sinergitas yang solid,” ungkapnya.

Olly Dondokambey juga membeberkan, Sulut telah membuat geliat, capaian dan prestasi yang membanggakan di tahun 2022 ini, seperti IPM berada pada angka 73,30, Indeks Kebahagian sebesar 74,96, serta perekonomian Sulut di Triwulan ke-2 2022 yang 5,93 persen, di atas rata-rata nasional yakni 5,44 persen.

sulutLebih lanjut gubernur mengingatkan budaya mapalus yang ada di Sulut agar terus digaungkan bersama dalam rangka menyambut HUT ke-58.

“Banyak prestasi yang sudah kita capai. Olehnya kita harus terus bersemangat bersama dalam menjaga tingkat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

sulut“Jika kita mampu menjadikan peringatan HUT ini untuk memperkuat sinergi dan mempererat kebersamaan, sudah tentu kemajuan yang lebih lagi dapat kita torehkan,” imbuhnya.

Hadir dalam peringatan HUT Pemprov Sulut kali ini, Audrey Vanessa Susilo Putri Sulut yang berhasil menjuarai kontes kecantikan Miss Indonesia 2022 mewakili Sulut. Menjadi kado manis, karena telah membawa nama harum Sulut di tingkat nasional maupun internasional nantinya. Tak tanggung-tanggung, Audrey pun mendapatkan kado dari Pemprov Sulut sebesar Rp. 100 juta.

sulut“Tentunya kita sudah menyiapkan hadiah untuk Audrey. Mudah-mudahan hadiahnya berkenan, dan bermanfaat dalam memajukan pariwisata Sulut,” ucapnya.

“Terima kasih kepada semua atas semangat yang terus berkobar dan membara dalam melanjutkan cita-cita para pendiri dan para pendahulu. Mari kita tetap bertindak sebagai insan-insan yang mengingini Sulut menjadi daerah kemajuan. Mari terus lanjutkan apa yang sudah baik dan kita tinggalkan apa yang menjadi penghambat langkah-langkah kita kedepan,” tandasnya.

sulutUsai upacara, Gubernur beserta Ketua TP.PKK Prov. Sulut dan Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw beserta Sekretaris TP.PKK Prov. Sulut selaku Kepala Dinas P3AD Sulut melakukan Deklarasi “Si Patokaan” Strategi Pencegahan Terkoordinasi Perkawinan Usia Anak, bersama seluruh Bupati dan Walikota se-Sulut, lewat penandatanganan serta ditandai dengan pemukulan tetengkoren.

Gubernur didampingi Wagub juga melakukan sejumlah penyerahan, diantaranya: Penghargaan Satya Lencana kepada, SK Presiden Kenaikan Pangkat, SK Pensiun, hadiah untuk Miss Indonesia 2022 berupa uang tunai senilai Rp.100 juta, hadiah pemenang Lomba Desa/Kelurahan, Bantuan Bagi Perempuan, Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Puskesmas Tingkat Provinsi, Piagam Penghargaan bagi Sekolah Penggerak SLB, hadiah bagi Pemenang Sicita, BSU, bantuan sembako dan bantuan pembelian bahan baku bagi 1000 pelaku usaha mikro serta pemberian BLT bagi masyarakat.

sulutHadir dalam kegiatan tersebut Para Anggota DPR RI utusan Sulut, sejumlah Mantan Gubernur dan Sulut, para Istri Mantan Gubernur dan Mantan Wagub, serta Konsul Jenderal Filipina di Manado.

Turut pula para Anggota Forkopimda bersama istri, para Pimpinan maupun anggota DPRD Sulut, Pj. Sekdaprov Sulut bersama Ketua DWP Sulut, Wakil Bupati/Wakil Walikota se-Sulut, para Rektor/Direktur Perguruan Tinggi, para Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan Perbankan, dan BUMN/BUMD, serta para Pemuka Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat di Sulut.

sulutUpacara juga diikuti oleh seluruh ASN dan THL di lingkungan Pemprov. Sulut baik secara langsung maupun daring.

Dilanjutkan siangnya, Gubernur Olly Dondokambey, Wakil Gubernur Steven Kandouw, Sekprov Praseno Hadi dan para pejabat lainnya menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-58.

sulutSebelumnya dalam rangka memperingati HUT ke-58 Provinsi, sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun sebagai bentuk penghormatan kepada para Pahlawan Daerah yang telah mendahului, Gubernur Sulut Olly Dondokambey melakukan ziarah ke Makam Mantan Gubernur di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Gubernur Olly Dondokambey, juga menyampaikan bahwa kegiatan ziarah yang dilakukannya adalah sebuah kewajiban yang menjadi agenda rutin Pemerintah Provinsi Sulut jelang HUT Provinsi setiap tahunnya.

sulutSelain itu, kegiatan tersebut juga sebagai wujud apresiasi dan pengakuan Pemprov Sulut terhadap kontribusi serta torehan para pendahulu dalam membangun dan memajukan Sulut, dengan harapan dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi seluruh elemen yang ada demi kemajuan Bumi Nyiur Melambai yang lebih baik kedepan.

Gubernur kemudian melakukan tabur bunga di Makam Mantan Gubernur Sulut, yakni A.A. Baramuli, F.J. Tumbelaka, Willy Lasut dan G. H. Mantik.

sulutTurut dalam kegiatan tersebut, sejumlah jenderal dan perwira TNI/Polri, Walikota Bitung, Bupati Minahasa dan Minahasa Selatan, serta perwakilan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Pemprov Sulut.

Terpisah, Wakil Gubernur Steven Kandouw melakukan ziarah ke makam Mantan Gubernur Dr. Sam Ratulangi di Tondano, ke makam mantan Gubernur Dr. Drs. S.H. Sarundajang di Kawangkoan, makam mantan Gubernur Drs. A.J. Sondakh di Kanonang, dan ke makam mantan Wakil Gubernur Freddy Sualang di Leilem Minahasa, Selasa (20/9/2022).

sulut“Hari ini saya melakukan ziarah ke seluruh mantan-mantan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara dalam rangkaian menyambut Hut Sulawesi Utara ke-58. Ini merupakan suatu wujud apresiasi,” tegasnya.

(Advetorial Kominfo Sulut)