Kaleidoskop Program Strategis Pemprov Sulut Tahun 2022 Berhasil Dikerjakan OD-SK

manadoterkini.com, SULUT – Luar biasa apa yang dicapai oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey bersama pasangannya Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam memimpin “Bumi Nyiur Melambai” sepanjang tahun 2022.

sulut hebat Berbagai program strategis berhasil dikerjakan pemimpin Sulut berjuluk OD-SK (Olly Dondokambey-Steven Kandouw) ini.

Sejak memimpin Provinsi Sulawesi Utara pada periode pertama hingga kedua ini, komitmen Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw, hanya bekerja untuk rakyat Nyiur Melambai, diwujudkan dalam bentuk kerja nyata.

sulutBahkan sepanjang tahun 2022 yang lalu, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw berhasil melaksanakan sejumlah kegiatan strategis di berbagai bidang. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan pemerintahan, fasilitas dan infrastruktur, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Sulut.

Kegiatan Strategis sepanjang tahun 2022 itu antara lain:

1. Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Utara untuk meresmikan serta meninjau Jalan Tol Manado–Bitung yang telah selesai dikerjakan di gerbang Tol Bitung.

Dengan adanya jalan tol yang panjangnya mencapai 40 km, itu berarti waktu tempuhnya akan menjadi lebih cepat, yang dulu ditempuh satu setengah jam sekarang setengah jam saja, kata Jokowi.

Dengan diresmikannya jalan tol tersebut, sarana Transportasi yang bergengsi di Sulawesi Utara resmi digunakan oleh Masyarakat Sulut.

2. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menghadiri Rakor Rencana Proyek Prioritas Strategis (Major Project) Daerah Tahun 2023 di Hotel FourPoint.

sulutGubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Rencana Proyek Prioritas Strategis (Major Project) Daerah Tahun 2023 di Hotel FourPoint Senin (21-3-2022), kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri PPN/Bappenas RI Suharso Monoarfa.

Menteri Suharso mengatakan tujuan rakor ini adalah untuk mendapatkan masukan program prioritas dari setiap provinsi yang ada di kawasan Indonesia timur.

3. Pj. Sekdaprov Sulawesi Utara Asiano Gamy Kawatu menghadiri Rakor Pengembangan dan Pengelolaan Taman Nasional Bunaken bersama jajaran Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, yang digelar di Ruang C.J. Rantung Kantor Gubernur Sulut.

4. Gubernur Olly Dondokambey meresmikan Rumah Sakit ODSK Sulawesi Utara di Jln. Bethesda, Manado.

sulutGubernur Olly Dondokambey menyebut pembangunan RSUD sebagai wujud komitmen pemerintah untuk hadir di tengah masyarakat dalam hal ini memberikan pelayanan kesehatan.

Menurut Gubernur Olly Dondokambey, kesehatan itu merupakan pelayanan dasar, sehingga harus ditingkatkan agar masyarakat bisa merasakan kehadiran pemerintah.

RSUD ODSK yang berklasifikasi tipe B ini telah melaksanakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang lengkap serta telah dilaunching di digitalisasi RSUD pada tanggal 20 April 2022.

5. Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Steven O.E Kandouw melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Balai Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Samping Rumah Sakit ODSK.

sulutPemprov Sulut menggelontorkan Dana Rp 23 Miliar untuk peningkatan Fasilitas di RSUD ODSK, Kota Manado. Dana itu digunakan membangun Pusat Kesehatan Ibu dan Anak RSUD ODSK.

6. Gubernur Olly Dondokambey meresmikan jembatan gantung Kairagi-Weru, Manado.

Jembatan Gantung di Kairagi Weru tersebut proyek pembangunannya bersumber dari APBN Tahun Anggaran (TA) 2021 dengan nilai Rp2.800.200.000.

sulutGubernur Olly berharap peresmian Jembatan Gantung ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat Kairagi Weru khususnya yang berada dilingkungan V.

sulut7. Pj. Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara Praseno Hadi memimpin Rapat Evaluasi Pembangunan KEK Industri Bitung dan KEK Pariwisata Likupang di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

8. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meresmikan penyelesaian pembangunan Rumah Susun (Rusun) dan Rumah Khusus (Rusus) pada Lingkup Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I, yang diselenggarakan di Rumah Susun Seminari Menengah St. Fransiskus Xaverius Kakaskasen, Tomohon.

sulutAdapun Rusun dan Rusus yang boleh diresmikan, yakni Rusun Seminari Menengah St. Fransiskus Xaverius, Kakaskasen; Rusun UPTD Balai Latihan Kerja, Bitung; Rusun Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Khoir Tebu Ireng VII, Bolaang Mongondow Timur; Rusus Perbatasan Sulawesi I, Bolaang Mongondow Selatan dan Rusun Universitas Negeri Manado.

9. Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey membuka Rapat Koordinasi dan Evaluasi (RAKOREV) Hasil Pembangunan Triwulan III Tahun 2022 Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Utara di GKIC.

sulutOlly Dondokambey menyampaikan Pemerintah Provinsi secara berkala setiap tahun melakukan evaluasi terhadap hasil pelaksanaan RKPD Kabupaten/Kota sebagai salah satu wadah untuk bersinergi melakukan penyelarasan program, kegiatan, proyek, target, lokasi, dan anggaran pembangunan daerah antara pemerintah Provinsi dan Kapubaten/Kota pada masing-masing bidang urusan pemerintahan.

Gubernur kemudian memaparkan enam aksi yang perlu dilakukan oleh masing-masing daerah dalam rangka pengendalian inflasi yang secara nasional terus dipantau, yaitu: melaksanakan operasi pasar; melaksanakan sidak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang; kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan; gerakan menanam; merealisasikan BTT; dan dukungan transportasi dari APBD.

sulutGubernur Olly juga menyampaikan program penghapusan Kemiskinan Ekstrim, dimana Pemerintah pusat menargetkan kemiskinan ekstrim nol persen pada tahun 2024.

10. Gubernur Sulawesi Utara menghadiri Acara Puncak Hari Anak Sedunia (HAS) Tahun 2022 dengan tema ”Building Digital Relience For ASEAN Children”, di Kawasan Megamas Manado.

Pada kesempatan itu, Olly Dondokambey menekankan agar meningkatkan peran kita masing-masing, peran keluarga dalam pengasuhan serta menurunkan angka pekerja anak yang terintegrasi terhadap tumbuh kembang anak dan semua bersama-sama menjaga dan menolak perkawinan dini, serta menolak kekerasan pada anak-anak

11. Gubernur Sulawesi Utara melakukan Pengisian Air “impounding” tanda beroperasinya Bendungan Kuwil-Kawangkoan, Minahasa Utara.

sulutPengisian air atau tahap “impounding” ini merupakan tahap awal penyelesaian bendungan. Pengisian air ini menandai mulai beroperasinya bendungan tersebut.

12. OD-SK Canangkan ASN Menanam dan Gerakan Marijo Ba Kobong (#MarijoBakobong).

sulutGubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menjadi Inspektur Upacara dalam rangka HUT ke-51 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di rangkaian dengan mencanangkan Gerakan “Marijo Ba Kobong” dan “Aparatur Sipil Negara (ASN) Menanam” di Kawasan Perkebunan, Jalan Ir Soekarno Kabupaten Minahasa Utara, Selasa (29/11/2022).

sulutDalam sambutannya, Gubernur Olly Dondokambey menyatakan peringatan hari menanam pohon di Indonesia yang tepatnya jatuh pada tanggal 28 November 2022 kemarin, merupakan suatu bukti perwujudan bahwa anggota KORPRI tidak hanya tulus melayani, namun juga bersinergi mendukung program-program pembangunan, pembangkit dan pemacu sektor ekonomi, serta mendukung pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan dan memperhatikan kelestarian alam serta tidak ragu berinovasi terlebih inovasi yang dapat mengakselerasi dan mendukung peningkatan kinerja.

Gubernur Olly menyampaikan bahwa ASN berperan sebagai penggerak dalam kegiatan perekonomian Sulut, khususnya pada sektor pertanian dan perkebunan, dimana waktu menjadi stimulus upaya kita untuk lebih cepat dan bangkit dan lebih kuat.

sulutOlehnya Gubernur Olly mengajak seluruh anggota KORPRI memanfaatkan lahan-lahan produktif di kawasan hutan dan di tempat-tempat dimana kemajuan-kemajuan dapat dipacu dengan kesuburan daerah.

(Advetorial Kominfo Sulut)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.