Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Wagub Steven Kandouw Ingatkan Gunakan Dana Desa Untuk Tiga Hal Ini

×

Wagub Steven Kandouw Ingatkan Gunakan Dana Desa Untuk Tiga Hal Ini

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengingatkan para kepala desa agar menggunakan dana desa guna membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, seperti penanganan stunting, pengendalian inflasi dan pendidikan.

Hal itu ditegaskan Kandouw saat menggelar Sosialisasi Penataan
Kesatuan Masyarakat Hukum Adat dan Desa Adat, di Hotel Ibis Manado, Selasa (13/6/2033) yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Daerah Provinsi Sulut.

Steven Kandouw Kemudian meminta agar melakukan identifikasi jumlah anak yang kurang gizi untuk diberikan bantuan susu oleh pemerintah Provinsi.

“Juga anak-anak yang kurang mampu diidentifikasi untuk mendapatkan bantuan pendidikan. Setelah itu baru untuk kegiatan yang lain,” kata Steven Kandouw.

Kandouw juga mendorong keterlibatan masyarakat desa untuk memproduksi sendiri barang konsumtif. Seperti tanam sayuran, bawang rica, tomat dan beras untuk mengendalikan inflasi.

sulutMantan Ketua DPRD Provinsi Sulut ini juga meminta kepala desa memiliki integritas dan melakukan transparansi dalam pengelolaan dana desa.

“Pengalaman kita dalam mengelola keuangan, kalau tidak ada yang mengawasi bahaya. Sedangkan diawasi bahaya apalagi tidak mengawasi.”

“Kalau saya jadi kepala desa saya akan lakukan transparansi. Saya akan umumkan dimasyarakat penggunaan dana desa.Supaya kalau ada apa-apa wartawan bisa cek,” ujarnya.

Kandouw menambahkan agar libatkan semua masyarakat dalam penentukan program dari dana desa supaya ada rasa memiliki.

“Kemudian program berkelanjutan dari penggunaan dana desa supaya efeknya bisa dirasakan masyarakat. Jangan bangun jalan baru enam bulan sudah rusak, efeknya tidak dirasakan masyarakat,” ungkap Wagub.

Menurut Wagub, ibarat negara, kepala desa adalah presiden. Jadi harus menjadi roll model dan memberi contoh.

“Anda tokoh masyarakat tolong dijaga kekudusan. Plato bilang untuk mencobai seseorang beri dia jabatan. Karena ketika dia mendapatkan jabatan dari rendah hati menjadi sombong. Karena desa menjadi bagus semua ada ditangan kepala desa,” pungkasnya. (*/Rizath)