Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Steven Kandouw Minta Budaya Lokal Ini Harus Dijaga

×

Steven Kandouw Minta Budaya Lokal Ini Harus Dijaga

Sebarkan artikel ini

Steven kandouwmanadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw meminta kebudayaan lokal di Sulut harus dijaga dan dilestarikan.

Budaya lokal tersebut diantaranya seperti bahasa lokal, tarian adat dan pelestarian lingkungan.

Hal itu ditegaskan Kandouw pada Sosialisasi Penataan Kesatuan Masyarakat Hukum Adat dan Desa Adat, di Hotel Ibis Manado, Selasa (13/6/2033) yang digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Daerah Provinsi Sulut.

“Sosialisasi ini sangat penting mengingatkan kepala desa membuat hal-hal original di desa anda yang tidak memilki desa lain,” tutur Wagub Steven Kandouw.

Selain itu, Steven Kandouw yang ditemani Asisten I Setprov Sulut Denny Mangala, Kepala Dinas PMD Djemy Kumendong mendorong hukum adat agar jangan menjual tanah ke orang di luar desa. Karena survei kemiskinan Sulut rendah karena semua masyarakat Sulut memiliki tanah.

“Buat hukum adat ke orang luar dilarang beli tanah. Nantinya akan menjadi buruh tani di tempat sendiri.”

“Begitu juga dengan contoh, kayu dengan diameter satu meter setengah buat hukum adat tidak boleh dipotong. Begitu mata air harus dijaga, buat aturan adat tidak boleh ada bangunan dekat mata air.

Begitu juga budaya menjodohkan anak usia dini dihilangkan, buat aturan adat tidak boleh menjodohkan anak usia dini. Karena melanggar HAM dan tidak baik untuk kesehatan,” ungkap Wagub. (*/Rizath)