Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Olly Dondokambey Jelaskan Tujuh Prioritas Pembangunan Daerah di Ranperda APBD Sulut 2024

×

Olly Dondokambey Jelaskan Tujuh Prioritas Pembangunan Daerah di Ranperda APBD Sulut 2024

Sebarkan artikel ini

sulutmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Prof DR (HC) Olly Dondokambey SE menghadiri paripurna DPRD dalam Penyampaian penjelasan gubernur terhadap Ranperda tentang APBD Provinsi Sulut Tahun Anggaran (TA) 2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sulut, Selasa (10/10/2023).

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Provinsi Sulut Andy Silangen didampingi para Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulut dan dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw serta anggota DPRD Provinsi Sulut.

Dengan tujuh prioritas pembangunan daerah yaitu pembangunan yang berwawasan lingkungan, pemerataan pembangunan, penanggulangan kemiskinan, pembangunan pertanian perkebunan, perikanan dan pariwisata, peningkatan daya saing perekonomian daerah, peningkatan daya saing investasi daerah, stabilitas daerah,” sebut Gubernur.

Dalam penjelasannya, Gubernur Olly mengucapkan terima kasih kepada pimpinan anggota DPRD Provinsi Sulut yang telah menyelenggarakan rapat paripurna tentang Ranperda APBD Provinsi Sulut TA 2024.

“Ranperda tentang APBD Provinsi Sulut TA 2024 disusun berdasarkan prinsip penyusunan APBD yakni sesuai dengan ketentuan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan kemampuan pendapatan daerah. Tidak bertentangan dengan kepentingan umum dan peraturan perundang-undangan lebih tinggi. Serta mempedomani KUA dan PPAS yang berdasarkan pada RKPD,” ungkap Olly.

Menurut orang nomor satu di Provinsi Sulut tersebut, proses penyusunan APBD Provinsi Sulut TA 2024 tetap kita upayakan tepat waktu, sesuai jadwal yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Lakukan secara tertib, efektif, efisien, ekonomis, transparan, partisipatif dan bertanggung jawab. Dengan perhatikan asas keadilan dan kepatutan serta manfaat untuk masyarakat,” kata Gubernur.

Selain itu, lanjut Gubernur Olly, penyusunan APBD Provinsi Sulut tahun anggaran 2024 juga didukung oleh sistem dan skema proses perencanaan yang terintegrasi secara online atau berbasis website.

Sebagai pemanfaatan teknologi dan informasi dalam perencanaan dan penganggaran yang berkualitas transparan dan akuntabel. Kesemuanya kita upayakan yang terbaik dapat terkuat dalam Ranperda APBD TA 2024.

“Hal ini semata-mata karena menyadari bahwa APBD adalah dasar bagi pemerintah daerah untuk melakukan penerimaan dan pengeluaran daerah. Dimana setiap penerimaan dan pengeluaran daerah harus dicantumkan dan dianggarkan secara bruto dalam APBD,” ungkap Gubernur.

Gubernur Olly juga menyebutkan, pengeluaran daerah yang dianggarkan dalam Ranperda APBD TA 2024 merupakan perencanaan pengeluaran daerah sesuai dengan kepastian tersedianya dana atas penerimaan daerah dalam jumlah yang cukup besar. Hal ini kita dapat perhatikan fiskal daerah.

“Belanja Daerah Provinsi Sulut disusun dengan memperhatikan kemampuan daerah, namun tetap memprioritaskan pemenuhan belanja yang merupakan mandattoring standing. Yaitu pemenuhan fungsi pendidikan, kesehatan serta pemenuhan standar minimal, pencapaian sasaran pembangunan, termasuk kegiatan pemulihan ekonomi termasuk penanganan inflasi,” sebut Gubernur

Kaitan dengan itu, kata Gubernur Olly, pemerintah juga memperhatikan DAU yang sudah ditentukan penggunaanya. Dimana alokasi DAU yang sudah ditentukan tahun 2023 masih berlanjut pada alokasi dana transfer tahun 2024.

“Dalam mendukung Pilkada serentak, pemerintah daerah menganggarkan dukungan penganggaran Pilkada serentak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” kata Gubernur.

Lebih jauh, Gubernur Olly membeberkan skema Ranperda APBD tahun 2024 sebagai mana telah disetujui sesuai KUA-PPAS tahun 2024.

“Pendapatan daerah 3.788.354.667.624, belanja daerah 3.499.312. 062.376, pembiayaan daerah 35.000.000.000, penerimaan pembiayaan 354.042.650.248,” beber Olly.

Gubernur juga mengungkapkan tema pembangunan Provinsi Sulut tahun 2024 di fokuskan pada upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang merata yang berwawasan lingkungan serta sukses pelaksanaan Pemilu.

“Dengan tujuh prioritas pembangunan daerah yaitu pembangunan yang berwawasan lingkungan, pemerataan pembangunan, penanggulangan kemiskinan, pembangunan pertanian perkebunan, perikanan dan pariwisata, peningkatan daya saing perekonomian daerah, peningkatan daya saing investasi daerah, stabilitas daerah,” sebut Gubernur.

Diakhir sambutan Gubernur Olly berharap Ranperda APBD tahun 2024 dapat ditanggapi anggota DPRD dan dapat dibahas bersama secara komperhensif sehingga dapat diparipurnakan bersama. (*/Rizath)