Senin, 18 November 2019

Jaga Kelestarian Sungai, Warga Diminta Jangan Halangi Jalan Air

manado

Walikota saat memantau DAS Tondano

MANADO, (manadoterkini.com) – Untuk mengatasi terjadinya bencana banjir di Kota Manado, selain perlu koordinasi yang terintegrasi antar daerah dari hulu hingga hilir, juga diperlukan kesadaran yang tinggi dari masyarakat terkait kelestarian sungai.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, mengingatkan kesadaran masyarakat sangat penting dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

“Saya meminta masyarakat Kota Manado agar jangan membuang sampah di sungai. Karena itu merupakan kebiasaan yang buruk, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir,”tutur Walikota.

Lanjut dikatakan, Kota Manado yang letaknya dibagian hilir sangat rentan terhadap banjir, terutama mereka yang tinggal di bantaran sungai.

Olehnya, masyarakat juga diimbau agar jangan menutup jalan air, yang berdampak pada terjadinya banjir.

“Jalan air jangan ditutup. Karena alam ini sudah ada sejak dulu, sudah ada mana yang jalan air dan mana yang menjadi tempat tinggal kita. Kalau jalan air ditutup atau diperkecil, maka air akan cari jalan lain dengan masuk ke pemukiman penduduk,”terang GSVL, sapaan akrab Walikota, seraya berharap masyarakat untuk tidak lagi membangun di pinggiran sungai.

“Ini demi keselamatan dan keamanan kita,”pungkas Walikota.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*