Jum'at, 19 Juli 2019

Program Kenaikan Upah Pala di Manado, Sulangi : Ini Terobosan Luar Biasa

GSVL : Tugas dan Tanggung Jawab Pala Besar

manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut

Sulangi

Jekson Sulangi SH

MANADO, (manadoterkini.com) – Menjaga lingkungan bersih, menciptakan suasana aman serta mensosialisasikan program-program pemerintah menjadi tugas kepala lingkungan (Pala) di Kota Manado. Makanya perlu peningkatan upah agar sebanding kerja dan tanggung jawab mereka yang besar.

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, menuturkan program peningkatan kesejahteraan bukan tampa alasan. Karena mereka ujung tombak pelayanan pemerintahan di lingkungan.

“Saya melihat Rp1 jt masih terlalu kecil dibanding kerja dan tanggung jawab mereka, untuk itu saya membuat program untuk meningkatkan upah mereka,” tegas GSVL sapaan akrab Walikota Manado.

Meski porgram ini bukan baru namun diyakini dengan peningkatan kesejahteraan akan menumbuhkan etos kerja dan pelayanan kepada masyarakat Kota Manado. “Ini memang bukan program baru, namun saya merasa perlu meningkatkan kesejahteraan Pala-Pala di Manado ini,”tandasnya.

Terpisah, tokoh masyarakat Jeckson Sulangi, menuturkan peningkatan kesejahteraan Pala merupakan terobosan yang luas biasa dari Walikota GSVL. Pasalnya, berdampak terhadap animo warga ingin menjadi kepala lingkungan. “Kalau dahulu tidak ada yang ingin jadi Pala. Ada istilah Padamu Negeri, masuk keluar bersihkan selokan serta membersihkan sampah, namun upayanya kecil. Kalau saat ini gaji Pala melebih UMP, makanya warga pun berlomba-lomba. Salut buat program Pak Walikota,”urai Sulangi.

Meski begitu Sulangi, menyarankan perlu penyempuranaan dengan mewarning kepada Pala yang tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. “Dengan upah yang sudah sangat mensejahterakan diharapkan ada peningkatan kinerja. Karena ada Pala yang so malas serta nae upah,”pungkasnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*