Jum'at, 18 Oktober 2019

Liputan Khusus Pelaksanaan APEKSi di Ambon

Rekernas ke-11 APEKSI di Ambon Berjalan Sukses

apeksi di ambon

Diawali dengan welcome dinner

GSVL Tanam Pohon di Lokasi APEKSI Ambon

TANAM pohon menjadi salah satu kegiatan menjelang dibukanya pelaksanaan Rakernas APEKSI ke – 11 di Kota Ambon. Tak ayal, Rabu (6/5) pagi tadi, Walikota GS Vicky Lumentut selaku Ketua APEKSI memimpin langsung penanaman pohon bersama Walikota seluruh Indonesia.

apeksi

Ketua APEKSI membuka kegiatan tanam pohon

tanam pohon ambon 3

Ketua APEKSI GS Vicky Lumentut diwawancarai media Ambon

Dalam kegiatan penanam pohon tersebut, GSVL didampingi Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, selaku tuan rumah. Tanam pohon ini juga aktifitas olahraga ringan dan bertegur sapa. “Ada dua tujuan utama dalam kegiatan Penanaman Pohon di Rakernas APEKSI ini, yakni ikut bersama melestarikan lingkungan sesuai dengan program nasional Indonesia, juga yang tak kalah pentingnya adalah diantara kita Walikota se Indonesia saling memperkenalkan tanaman atau pohon khas kota yang ada dari daerah masing-masing,”kata GSVL dalam sambutannya pagi tadi di Kompleks Taman Kota Lantamal Kota Ambon.

Rangkaian APEKSI APEKSI di Ambon

Semoga pohon yang ditanam bisa bertumbuh dengan baik Dan pada satu ketika Walikota kembali ke Ambon bisa melihat dan bangga atas perkembangan pohon itu. “Kiranya ini bisa jadi saksi hidup kita semua, dan selamat menghijaukan Indonesia yang dimulai dari Kota Ambon Manise,” ujar Lumentut.(***)

Paparkan Kesiapan Kehadiran Presiden Jokowi, GSVL Jadi ‘Bintang’ di Ambon

RAPAT kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-11 di Kota Ambon, dipastikan akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (7/5) besok. Sebagaimana pemaparan Ketua APEKSI GS Vicky Lumentut, Rabu (6/5) di Kota Ambon.

ketua apeksi APEKSI di Ambon

Tak ayal, pemaparan Walikota GSVL tersebut, mendapat apresiasi peserta rapat kerja nasional (Rakernas) APEKSI di Ambon. Makanya tidak mengherankan orang nomor satu di Kota Manado itu menjadi “bintang” saat memberikan sambutan kepastian akan kedatangan orang nomor satu di Republik ini.

APEKSI APEKSI

Informasi presiden RI ke – 7 yakni Joko Widodo akan menghadiri pertemuan rapat kerja nasional dari pemerintah kota seluruh Indonesia.(***)

GSVL Pimpin Pawai Budaya di Ambon

apeksi

SALAH satu kegiatan yang menjadi agenda tetap Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) adalah pawai budaya. Dimana pawai budaya tersebut dipimpin langsung Ketua APEKSI. Pawai budaya yang dilaksanakan di Kota Ambon, orang nomor satu di Kota Manado memimpin langsung kegiatan yang dilaksanakan Rabu (6/5).

Apeksi APEKSI

Dimana Walikota Manado DR G.S Vicky Lumentut dan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado, Prof Juleyta P.A Runtuwene, berjalan berkeliling Kota Ambon manise dengan diiringi tarian kabasaran atau cakalele.

Pawai APEKSI apeksi

Pawai yang finis di lapangan Merdeka Ambon, tempat dimana pelaksanaan City Expo. Dimana produk unggulan dari seluruh Indonesia hadir ditempat tersebut. Sedankan Festifal Budaya mangente Ambon akan berlangsung hingga 10 Mei mendatang.(***)

Keluhan Para Walikota Dijawab Presiden Jokowi dengan Rp 100 Miliar

APEKSI di Ambom

Rakernas ke-11 APEKSI di Ambon dihadiri Presiden Joko Widodo

DENGAN lobi-lobi yang cukup gigih, akhirnya Walikota GS Vicky Lumentut yang juga adalah Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menghadirkan Presiden RI Jokowi, membuka Rakernas APEKSI di Kota Ambon, Kamis (7/5). Dalam kesempatan tersebut, Walikota menyampaikan aspirasi dari para walikota seluruh Indonesia tentang permasalahan di kotanya, antara lain di kota Manado.

Menurut Walikota yang visioner ini bahwa sejumlah permasalahan di kota antara lain jalan rusak dan kebutuhan listrik. Menurutnya, warga di kota banyak yang belum tahu jika masalah jalan rusak itu merupakan masalah kota, provinsi ataupun jalan nasional, yang mereka tahu hanyalah jalan itu rusak dan perlu diperbaiki.

manado

Walikota GSVL bersama Presiden Jokowi

manado

Sambutan Ketua APEKSI, GS Vicky Lumentut

Sehingga yang menjadi sasaran pastinya adalah pemerintah kota itu sendiri, sehingga butuh masukan dan saran dari bapak Presiden Jokowi juga masalah kebutuhan listrik , dimana masih banyak warga yang belum menikmati kebutuhan listrik.

Mendengar keluhan dari GSVL yang juga Ketua APEKSI dalam sambutannya, Presiden RI Jokowi pun menjawab akan memberikan bantuan kepada setiap kota di Indonesia dengan bantuan Rp100 Miliar untuk membantu memperbaiki jalan rusak serta kebutuhan listrik. Bantuan dari Presiden Jokokwi ini langsung disambut aplaus oleh para walikota se Indonesia dalam Rakernas tersebut.

Ambon Ambon

“Kami sangat berterima kasih kepada Presiden RI Jokowi yang bisa mendengarkan aspirasi dari para Walikota se Indonesia dan bisa memberikan bantuan untuk setiap kota,” tandas Lumentut.

Namun menurut Presiden RI untuk menerima bantuan harus ada persyaratan antara lain pelayanannya bagus, bidang pendidikan yang maju, serta kota tersebut harus ada kemajuan di dalam pembangunan karena jika bantuan itu berhasil maka akan diberikan bantuan lagi.

Presiden RI Jokowi juga mengharapkan agar para walikota di Indonesia bisa mendukung program budaya dengan mempertahankan dan menjaga kelestarian budaya yang ada di setiap kota yang ada di Indonesia. (***)

Rakernas APEKSI di Kota Ambon Sukses, GSVL : Sampai Jumpah di Jambi

KETUA Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), GS Vicky Lumentut, saat menutup dengan resmi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di hotel The Natsepa, memberikan apresiasi kepada warga dan pemerintah Kota Ambon yang telah menjadi tuan dan nyonya rumah. Apalagi dengan kehadiran Presiden Joko Widodo, melengkapi spektakulernya pelaksanaan Rakernas APEKSI ke-11 di Kota berjuluk City Of Music.

apeksi manado

Diakui Ketua APEKSI, sempat meragukan pelaksanaan APEKSI di Kota Ambon, namun dengan digelarnya hajatan festival budaya Mangente Ambon di rangkaian Rakernas Apeksi ini, semoga bisa terus mempererat hubungan diantara sesama warga Ambon itu sendiri.

“Awalnya kami meragukan kesiapan Kota Ambon sebagai tuan rumah pelaksanaan APEKSI ke – 11, karena sempat dilanda konflik. Dan ternyata sebaliknya, karamahan warga menunjukan kepada Tanah Air Indonesia bahkan dunia, bahwa kondisi dan situasi keamanan serta kerukunan antar umat beragama di Ibukota Propinsi Maluku yakni Ambon Manise sudah benar-benar pulih,”ungkap Lumentut.

Lanjut Lumentut, pelaksanaan Rakernas APEKSI di Kota Ambon, pastinya telah membawa dampak besar bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Ambon Manise. “Kurang lebih 5000 peserta dan rombongan APEKSI telah menjadi berkat bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Ambon,”ujar GSVL.

apeksi di  ambon apeksi di ambon

Tentunya, rekomendasi dalam pelaksanaan Rakernas APEKSI akan memberikan terbosan untuk pembangunan Kota di Indonesia. Untuk itu, Lumentut mengucapkan terima kasih atas dukungan Presiden, Gubernur Maluku dan kerja keras Walikota Ambon dalam menyukseskan kagiatan akbar tersebut.

Tak hanya itu, GSVL memuji Rakernas di Kota Ambon, karena ada beberapa kegiatan memiliki nilai lebih yang tergolong sangat baik dan bersifat konstruktif.

Presiden Jokowi

Presiden saat diwawancarai wartawan usai membuka rakernas APEKSI di Ambon

lumentut

Ketua APEKSI saat melepas Presiden Joko Widodo yang akan melanjutkan agenda ke Kawasan Timur Indonesia

“Untuk itu, selaku pengurus dan mewakili Walikota se Indonesia, saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesiapan dan pelayanan yang diberikan pihak tuan rumah Kota Ambon. Sampai berjumpa tahun 2016 mendatang di Munas Apeksi Kota Jambi,” jelas Lumentut disambut aplaus peserta yang ada.(***)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*