Rabu, 16 Oktober 2019

Dinkes Janji Dana Kapitasi Untuk Dokter, Bidan dan Perawat Puskesmas di Minsel Segera di Realisasikan

AMURANG, (manadoterkini.com)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan (Minsel) melalui Dinas Kesehatan menegaskan untuk dana kapitasi yang akan diperuntuhkan kepada para dokter, bidan dan perawat yang ada di Puskesmas akan segera direalisasikan dalam waktu dekat ini.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel Maritje Pontoh kepada manadoterkini.com.

Dia menjelaskan, dana Kapitasi dari Januari sampai dengan Mei kemungkinan direalisasi pekan depan. “Mudah-mudahan pekan ini sudah bisa ditransfer ke rekening tiap Bendahara Puskesmas,” ujarnya.

Pontoh juga mengatakan, keterlambatan pencairan dana Kapitasi dikarenakan terjadi kekosongan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di Dinas Kesehatan sejak Januari sampai dengan April.” Semua mengetahui, SK KPA di Dinas Kesehatan baru ditandatangani pada 23 April. Ini penyebab terjadinya keterlambatan realisasi dana Kapitasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Minsel Steven Lumowa SE mengatakan, apa yang menjadi hak para dokter, bidan dan perawat harus diberikan. “Tidak hanya itu, mengapa dana Kapitasi perlu direalisasi secepatnya, ini mengigat 20 persen dari anggaran tersebut akan digunakan untuk pengadaan obat-obatan yang umumnya sudah kosong di Puskesmas,” tandasnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*