Senin, 16 September 2019

Walikota Berharap Warga Dukung Upaya Pemkot Manado

Walikota Manado

Walikota GSVL turun langsung saat pemulihan bencana waktu lalu

MANADO, (manadoterkini.com) – Terkait bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi bagi korban banjir bandang 15 Januari 2014 lalu, Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) berharap, masyarakat bisa tetap mendukung upaya Pemkot Manado untuk bisa segera merealisasikan bantuan pascabencana. “Dukungannya bisa berupaya doa dari seluruh masyarakat, agar nantinya besok (hari ini, red) kita tidak menemui kendala apapun, sehingga penyerahan SPPH bisa berjalan lancar,” ujar GSVL.

Sebagaimana diketahui, bantuan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana yang sempat dijanjikan Pemerintah Pusat kepada masyarakat sejak tahun lalu, sangat dinantikan warga.

Bagi pemilik rumah yang rusak berat atau hanyut akan mendapatkan Rp40 juta, sedangkan Rp20 juta untuk rumah rusak sedang. Adapun warga yang berada di bantaran sungai akan direlokasi ke Kelurahan Pandu, Kecamatan Bunaken Darat.

Walikota GSVL sendiri telah beberapa kali melakukan peninjauan lahan yang akan dijadikan tempat relokasi, dan memastikan lokasi lahan milik Pemprov Sulut yang akan digunakan untuk pembangunan rumah warga korban banjir tersebut layak untuk dijadikan lokasi hunian.

Seperti diketahui, sejak bencana banjir bandang melanda Manado 15 Januari 2014 lalu, Walikota GSVL terus melakukan pertemuan dan lobi dengan pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Keuangan di Jakarta. Meski mengalami kendala karena pergantian kepemimpinan Nasional, akhirnya pemerintah pusat setuju bantuan bencana Manado dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2015 ini.(*/ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*