Kamis, 19 September 2019

Perayaan Idul Adha 1436 Hijriah di Kota Manado Berjalan Aman

Walikota GSVL Dampingi Gubernur Sumarsono Sholad Ied

PERINGATAN Idul Adha 1436 Hijriah 2015 di Kota Manado, Kamis (24/9) yang ditandai Sholat Ied bersama di lapangan Sparta Tikala, pagi, begitu sejuk dan penuh rasa kekeluargaan. Menyusul, hadirnya penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono dan Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan.

GSVL dampingi Sumarsono

Walikota GS VIcky lumentut mendampingi Pj Gubernur Sholad ied di Tikala

Menariknya, usai Sholat yang dipimpin Imam Anis Toma Sag yang dilanjutkan Khotbah makna pengorbanan oleh Hi Amir Liputo SH, ikut dihadiri Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut dan membaur bersama ribuan umat Muslim Kota Manado.

Sholad Ied Idul Adha

Sholad ied Idul Adha di Lanpangan Tikala

“Kekeluargaan dan kerukunan antar umat beragama ini, harus tetap dibina dan dipertahankan bersama. Marilah kita terus bergandengan tangan dan memupuk silahturahmi untuk kemaslahatan umat. Selama Idul Adha dan selamat berqurban,”ujar Walikota GSVL sambil menyalami umat muslim usai Sholat Ied.(***)

Berbaur dengan Umat Muslim, GSVL Ajak Pertahankan Toleransi Antar Umat Beragama

PENJABAT Gubernur DR Sumarsono, kepada wartawan menyebutkan, dirinya merasa bersyukur bisa ditugaskan di Sulut.”Alhamdulillah, ini sangat special bagi saya. Sebab, selain ikut merayakan peringatan HUT ke 51 Pemprov Sulut, juga bisa Sholat Ied bersama-sama umat muslim disini,”singkatnya seraya sibuk menyalami warga Manado bersama Sekdaprov Sulut Ir SR Mokodongan serta unsur Forkompimda Sulut.

GSVL dampingi penjabat Gubernur

Walikota GS Vicky Lumentut bersama Penjabat Gubernur dan Sekprov Sulut

 

Khotib Idul Adha Hi Amir Liputo dalam khotbah makna Idul Qurban bertajuk “Pengorbanan Akar Kepahlawanan” mengurai secara singkat pengorban Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Disebutkan Liputo, dalam konteks morat-maritnya sejarah Indonesia saat ini, untaian Zamrud Khatulistiwa ini masih mungkin dirajut kembali untuk menjadi kalung sejarah yang indah. Tidak peduli seberapa berat krisis dan musibah yang menimpa kita saat ini.

“Tidak peduli seberapa banyak pejabat daerah maupun pusat yang mengkorupsi harta Negara. Tidak peduli seberapa besar kenaikan gaji para pejabat dan wakil rakyat yang terkesan dipaksakan tanpa diimbangi dengan kinerja yang memuaskan di tengah-tengah antrian jerita si miskin, yatim dan para jompo,” sebut Liputo.(***)

Pemkot Serahkan Hewan Qurban, PHBI: Almahdulilah, Ini Patut Disyukuri

KETUA PHBI Kota Manado Amir Liputo SH menyebutkan, selama 5 tahun kepemimpinan Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut, PHBI selalu mendapat bantuan hewan Qurban. “Alhamdulillah, ini patut disyukuri,” katanya semberi menyebeutkan Kota Manado PHBI menyiapkan 154 lokasi Sholat Idul Adha. “Untuk lokasi Sholat Idul Adha lapangan Sparta Tikala, nantinya penjabat Gubernur Sulut DR Sumarsono akan sholat bersama umat Muslim,”terangnya.

hewan qurban

Walikota GSVL bersama Ketua PHBI Manado

Penyerahan hewan Qurban

Walikota menyerahkan hewan qurban kepada Ketua PHBI Manado untuk disalurkan ke kaum duafa

Sementara, hewan Qurban yang tercatat di PHBI ada 681 hewan. Khusus pemerintah Kota Manado menyumbangkan 11 hewan qurban untuk 11 masjid yang ada di kota Manado. Selain itu, ada tambahan sumbangan hewan qurban secara pribadi dari Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, sebanyak 8 ekor sapi, berikut 1 ekor hewan qurban dari istri walikota Prof Ny Paula Lumentut-Runtuwene bersama istri dari Mor Bastian. Dijelaskan, semua sumbangan yang tercatat di PHBI akan diprioritaskan bagi masjid yang tidak ada hewan qurban. “ Ini agar masyarakat kurang mampu bisa mendapat hewan qurban,”terangya.(***)

PERWAKILAN MASJID PENERIMA HEWAN QURBAN DARI PEMKOT MANADO;

1. Baramuli Katili (Imam) Masjid At-Taubah, Bailang.

2. Marwan Lasama (BTM) Masjid An-Nur, Sumompo.

Hewan Qurban

Penandatanganan berita acara bantuan hibah berupa hewan qurban oleh Pemkot Manado

hewan qurban

Walikota bersama Ketua Dewan, Ketua PHBI dan para imam

3. Abdul Karama (Imam) Masjid Jabar Nur, Singkil.

4. Abd Hajirat (Imam) Masjid Al-Muhajirin, Paniki.

5. Asran Hilimi (BTM) Masjid Al-Magfirah, Banjer.

6. Anwar Husain (BTM) Al-Mubaroqah, Makeret.

7. Yuman Daud (Imam) Masjid Al-Hijrah, Ranotana.

8. Damogalad (Imam) Masjid Al-Muhajidin, Sakobar.

9. Masloman (BTM) Masjid Al-Muhajirin, Malalayang.

10. Rahim (PHBI) Masjid Al-Munawarah, Bunaken.

11. Samsudin Rampe (Imam) Al-Magbulin, Taas.

Walikota: Tahun Depan, Hewan Qurban 2 Ekor Per Kecamatan

SUDAH menjadi agenda rutin Pemkot Manado setiap tahun dalam menyambut hari raya Idul Adha bagi umat muslim untuk memberikan hewan qurban. Idul Adha 1436 Hijriah tahun inipun demikian. Menariknya tahun ini, selain pemkot, Wali Kota GS Vicky Lumentut atas nama keluarga besar Lumentut-Runtuwene secara pribadi juga menyumbangkan 8 ekor sapi ditambah satu ekor dari first lady Kota Manado, DR. Paula Runtuwene serta istri Mor Bastiaan, calon Wakil Wali Kota yakni, Imelda Marcus.

Hewan Qurban

Ketua Dewan Noortje Van Bone menyerahkan hewan qurban

Total hewan qurban yang dibagikan kepada warga muslim Kota Manado sebanyak 19 ekor sapi ditambah bantuan Pemkot 11 ekor di 11 kecamatan. “Mungkin 1 ekor setiap kecamatan tidak cukup, tapi semoga bantuan hewan qurban ini dapat diterima,” kata GSVL berjanji, tahun depan akan membagikan 2 ekor per kecamatan di Kota Manado.

Dia berharap Ketua DPRD, Noortje Van Bone yang ikut hadir bisa mensetujui usulan anggaran penambahan bantuan hewan qurban dalam APBD 2016 nanti.GSVL, sapaan Lumentut saat penyerahan hewan qurban di lapangan Sparta Tikala Rabu (23/9).

hewan kurban hewan kurban

GSVL meminta agar Ketua Dewan Kota yang kebetulan ikut hadir, menyetujui usulannya untuk menganggarkan penambahan bantuan tersebut melalui pembahasan APBD 2016 yang nantinya akan dibahas pada bulan November 2015 mendatang.

”Semoga ibu Ketua Dewan bisa mensetujui. Untuk itu, bagi saudara –saudara saya umat Muslim, selamat menyambut Idul Adha 1436 Hijriah dan selamat berqurban,” katanya disambut applaus para imam Masjid yang hadir, termasuk Ketua PHBI Kota Manado Amir Liputo SH, Kandepag Manado Lili Resmana dan ibu-ibu Kerukunan Wanita Islam (KWI). (aldi/lipsus)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*