Selasa, 22 Oktober 2019

Disnakertrans Sulut Sidak Sejumlah Perusahaan Perikanan di Bitung

SULUT, (manadoterkini.com)-Dalam rangka untuk menindaklanjuti instruksi Penjabat Gubernur Sulut DR Soni Sumarsono MDM, terkait ketenagakerjaan yang ada di Sulut.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah perusahaan yang ada di Sulut. Buktinya, belum lama ini, pihak Disnakertrans Sulut yang dibawah pimpinan Kepala Disnakertrans Sulut Marsel Sendoh SH bersama stafnya melakukan Sidak ke sejumlah perusahaan perikanan yang ada di Kota Bitung.

“Menyangkut ketenaga kerjaan dipastikan Pemprov Sulut akan menseriusi soal dirumahkannya pekerja di Kota Bitung, sehingga diperlukan data yang akurat sehingga dalam mengambil keputusan, pemprov tidak akan menyalahi aturan, sehingga ini didasari atas aturan yang ada juga,” ujarnya.

Lanjut Sendoh, Disnakertrans Sulut juga akan melakukan pendataan bersama dengan organisasi serikat pekerja dan buruh sehingga diperoleh data akurat untuk dilaporkan ke Gubernur dalam menindaklanjuti permasalaha tenaga kerja di Kota Bitung khususnya di sektor perikanan.

Dia menambahkan, dari data Disnakertrans Kota Bitung ada 12 perusahaan yang telah melaporkan tenaga keja yang dirumahkan ditotalkan 1.761 , sedangkan yang di PHK sebanyak 233 orang, dimana data, dimana untuk jumlah perusahaan di Kota Bitung sekitar 80 yang terdata namun baru 12 perusahaan ini yang melakukan pelaporan.

Sementara itu, Basmi Said salah satu Plant Manager di salah satu perusahaan perikanan menyatakan data di Disnkartrans Kota Bitung itu benar, selain itu banyak juga perusahaan perikanan yang gulung tikar alias tutup, sehingga membutuhkan perhatian serius dari pemerintah.(alf)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*