Jum'at, 18 Oktober 2019

KPUD Minsel Plenokan Hasil Perolehan Suara Pilbup Minsel, PAKAR Raup 83.799 Suara

pleno KPU MinselAMURANG, (manadoterkini.com)-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menetapkan perolehan suara Pemilihan Bupati (Pilbup) Minsel Tahun 2015, Pada Jumat (18/12) siang tadi.

Penetapan yang dilangsungkan dalam mekanisme rapat pleno itu digelar di Restourant Century Amurang.

Pleno ini sempat molor sekitar beberapa jam karena menunggu kehadiran Personil Panwaslu Minsel, serta masing-masing saksi pasangan calon (paslon).

pleno KPU MinselDari hasil pleno ini terungkap, paslon nomor urut 1 Christiany Eugenia Paruntu SE – Frangky Donny Wongkar SH (PAKAR), tampil sebagai pemenang. Mereka mengantongi suara sebanyak 83.799 , disusul paslon nomor urut 3 Johni RM Sumual SE SH MSi – Annie S Langi (JOS – ASLI) dengan raihan 37.630 suara. Sementara paslon nomor urut 2 Karel H Lakoy – Drs Freddy Rawis (LARIS), jadi juru kunci karena hanya memperoleh 1.906 suara.

Sementara itu, fakta lain yang diperoleh dalam pleno tersebut, yakni tren penurunan partisipasi pemilih yang sangat signifikan. Dimana dari 100 persen yang terdaftar memilih terdapat 41 persen orang tidak menggunakan hak pilih atau biasa disebut dengan istilah golput. “Memang kali ini jumlah wajib pilih yang tidak menggunakan haknya sangat signifikan. Ini akan menjadi catatan sekaligus bahan evaluasi bagi kami selaku penyelenggara pemilu di daerah,” ujar Ketua KPUD Minsel DR Fanley Pangemanan S. Sos MSi, yang dikonfirmasi usai pleno.

Terkait pelaksanaan pleno itu sendiri, Pangemanan mengklaim berjalan dengan aman dan lancar. Prosesnya tidak ribet karena tinggal melanjutkan rekapitulasi yang sudah berlangsung di tingkat kecamatan.”Tidak ada perbedaan angka dengan pleno di tingkat kecamatan maupun data dari TPS. Semuanya lancar sehingga pleno tidak memakan waktu lama,” tukasnya.

Hadir pada rapat pleno tersebut antara lain, Bupati Minsel Ir Rene Hosang MSi yang diwakili Kepala Kesbangpol Minsel Drs Alex Slat, Ketua Panwaslu Minsel Eva Keintjem, Franny Sengkey, Meydi Mamangkey, Ketua Tim Pemenangan dan saksi dari masing-masing paslon, jajaran Polres Minsel, serta sejumlah undangan lainnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*