Selasa, 23 Juli 2019

Urus Surat Kependudukan di Manado, Tinangon : Warga Hindari Calo!

akteMTerkini.com, MANADO – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Manado Hans Tinangon mengatakan, aturan yang tidak memperbolehkan pembuatan akta kelahiran melalui pewakilan berdasarkan ketentuan UU 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan. Hal itu bertujuan untuk mencegah praktik percaloan.

“Kita suruh datang sendiri tidak boleh diwakili. Ini untuk menghindari percaloan. Karena saat ini membuat akta lahir gratis itu, tidak perlu biaya,” ujarnya.

Menurut Tinangon, selama ini banyak warga yang tidak mengetahui kalau membuat akta lahir tidak dikenakan biaya. Sehingga banyak pihak-pihak yang memanfaatkan mereka untuk mendapatkan uang.

“Justru aturan itu mencegah kerugian yang lebih besar terhadap masyarakat. Mereka dikenakan biaya yang justru lebih mahal,” katanya.

kependudukanTinangon juga menambahkan, pihaknya sudah sediakan loket, perbaiki sistem pelayanan dengan antrian dan menyediakan petugas untuk memberikan arahan ke masyarakat.

Dia menambahkan, memang saat ini ada warga Kota Manado yang tidak ingin lelah dan lama menunggu dengan menggunakan jasa para calo.

“Kita tidak bisa pungkiri ada saja warga yang menggunakan jasa para calo. Padahal pembuatan seluruh surat-surat di Capil Kota Manado gratis tidak dipungut biaya,” kata Tinangon.

Namun dia menegaskan, bila ada oknum pegawai yang ditemukan menjadi calo maka akan dipindahkan dari Dinas Dukcapil. Kalau pegawai honorer mau coba-coba menjadi calo maka langsung diberhentikan. (ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*