Selasa, 23 Juli 2019

Akibat Pertambangan Liar, Kampung Laine Terancam Tenggelam

MTerkini.com, TAHUNA – Kampung Laine Kecamatan Manganitu Selatan Kabupaten Sangihe, terancam tenggelam. Pasalnya, saat hujan lebat dalam hitungan menit air sungai langsung meluap. “Bagaimana tu kampung nda mobanjir, orang badulang gale lubang di kuala sotalalu lebar dan dalam, kalau ujang aer kuala nae begitu cepat deng tu kampung amper tenggelam, makanya torang minta para penambang abis gale tu tanah timbun ulang, “beber Edward warga Laine (4/3/2016).

Sementara Alvin salah seorang penambang mengaku tidak berniat untuk merusak lingkungan namun karena desakan ekonomi saja sampai dirinya dan rekan-rekan terus melakukan penggalian di bentaran sungai untuk mencari emas yang tersimpan di dalamnya.

“Kami tidak berniat merusak lingkungan, apa yang kami lakukan adalah untuk mencari sesuap nasi , kami mohon pemerintah jangan tutup tambang ini, karena jika ini ditutup kasihan anak isteri kami mau dikasih makan apa, bahkan besar kemungkinan anak anak para penambang tak akan lagi ke sekolah karena himpitan beban ekonomi kedepan kian sulit, “urainya sedih. (vic)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*