Rabu, 20 November 2019

Cegah Dini Kanker Rahim dan Payudara, Ritha Dodokambey-Tamuntuan: Mari Selamatkan Perempuan Sulut

TP-PKK

Sambutan Ibu Ritha Dondokambey Tumuntuan

MTerkini.com, SULUT – Program nasional Gerakan Pencegahan Kanker pada Perempuan Indonesia, yang menjadi inisiatif awal dari Ibu Negara Iriana Widodo, ditindaklanjuti Ketua Tim Penggerak PKK Provinsu Sulut Ir Ritha Dodokambey-Tamuntuan.

Terbukti, Kamis (21/4/2016) kemarin saat melakukan kunjungan kerja bersama suami tercinta selaku Gubernur Sulut di wilayah perbatasan,Ny Dondombey yang didampingi Wakil Ketua TP-PKK dr Kartika Devy Kandouw – Tanor membuka secara resmi program nasional Gerakan Pencegahan Kanker Pada Perempuan Indonesia di Puskesmas Melonguane.

TP-PKK

Dialog Ketua TP-PKK Sulut dengan petugas didampingi Wakil Ketua TP-PKK Devy Kandouw – Tanos

“Saya harapkan cepat tanggap, terhadap informasi penyakit kanker baik rahim dan payudara. dan meberikan pelayanan secara cepat, agar tidak beresiko fatal khususnya bagi ibu-ibu,” ucap Ibu Ritha.

Tak hanya itu, sesuai arahan Ibu Negara dalam pencanagan program ini. Dia mengharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berjenjang, dari pusat sampai ke daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota). Sehingga berharap, selain PKK perlu juga didukung oleh Dinas Kesehatan dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Saya minta dukungan juga dari dinas terkait, baik provinsi maupuan kabupaten/kota di Sulut,” ujarnya.

Menurut istri orang nomor satu di Sulut, pentingnya kesehatan organ wanita. makanya perempuan harus sehat, berkualitas dan mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap kanker. dengan melakukan gerakan cegah kanker dengan deteksi dini.

TP-PKK

Ketua TP-PKK Sulut Ritha Dondokambey Tumuntuan, didampingi Waket Devy Kandouw Tanos

“Saat ini ada upaya pencegahan kanker dengan tes Inspeksi Visual Dengan Asam Asetat (IVA), dan itu gratis di puskesmas-puskesmas yang telah dipilih Dinas Kesehatan. Makanya mengajak semua perempuan untuk melakukan tes, sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

Ia juga menagajak, dengan gerakan ini, agar seluruh pemerintah daerah dan Ketua PKK di Sulut. “Mari selamatkan perempuan Sulut, dari kanker mulut rahim dan kanker payudara,” tutupnya.(tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*