Jum'at, 15 November 2019

Walikota Bitung Hadiri Seminar Strategi Arah Pengembangan Kebijakan

Walikota bitung, Max J Lomban, Hari otda

Walikota Bitung mengikuti kegiatan peringatan Otda di Jakarta. (Ist)

MTerkini.com, BITUNG – Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE, MSI mengahdiri seminar nasional dengan tema “Strategi dan Arah Pengembangan Kebijakan Smart City di ‎Indonesia Menghadapi Tantangan Masyarakat Ekonomi ASEAN” di Jakarta, Selasa ‎(26/04/2016)

Seminar tersebut dirangkaikan dengan hari Otonomi daerah (Otda) yang selenggarakan Direktorat ‎Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri dan dibuka oleh Wakil ‎Presiden HM Jusuf Kalla serta diikuti para para kepala daerah, anggota ‎parlemen, akademisi dan pengusaha.

Lomban mengapresiasi atas seminar ini, dimana menurutnya lewat ‎arahan wakil presiden (wapres) Republik lndonesia (RI) diungkapkan bahwa Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) itu bukan ‎tantangan, melainkan peluang. Dia menganggap tantangan itu konotasinya ‎negatif. “Kalau tantangan, yang kita hadapi kayak hantu,” katanya.

Wapres juga mengajak para kepala daerah dan birokrat berpikir seperti ‎pengusaha yang selalu melihat peluang di setiap hambatan, apalagi pada saat ‎MEA itu diimplementasikan.

“Masak kita takut sama Kamboja, Thailand ??!! Di MEA ini kita punya peluang ‎Jual barang ke Malaysia, tidak ada tangkap-tangkapan lagi, Kirim tenaga ‎kerja juga bebas, tapi tentu ada aturannya juga,” ujar Kalla‎

Wapres juga mengingatkan para kepala daerah bahwa untuk memanfaatkan ‎peluang pasar bebas di kawasan Asia Tenggara tersebut agar tidak menghindari perkembangan teknologi informasi, “Kepala daerah yang ‎akan membangun daerahnya dengan konsep smart city, “jelas Lomban mengutip ‎arahan Wapres. (ref)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*