Sabtu, 23 November 2019

Wilayah “Diserobot” Minahasa, Komisi A DPRD Manado Minta Pemkot Turun Lapangan

Tapal Batas, Tingkulu, Koka, Serobot Tanah, Pemkot Manado, Pemkab Minahasa

Tugu Minahasa Welcomes You Milik Pemkab Minahasa yang diduga didirikan di Wilayah Kota Manado. (foto: chris/ist)

MTerkini.com, MANADO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado kaget adanya wilayah Kota Manado yang diserobot oleh Pemkab Minahasa. Hal tersebut dikatakan Personel Komisi A DPRD Kota Manado Arthur Paath kepada manadoterkini.com berkaitan dengan dibuatnya tugu “Minahasa Welcomes You” di Wilayah Lingkungan V Keluraha Tingkulu berbatasan langsung dengan Desa Koka Kabupaten Minahasa.

“Saya kaget ini dan baru dengar. Jika benar, saya sebagai anggota Komisi A meminta Asisten 1 Pemkot Manado untuk segera turun lapangan dan berkordinasi dengan instansi terkait termasuk Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut),” kata Paath Selasa (26/4/2016).

Politisi Hanura ini meminta kepada Asisten 1 Pemkot Manado jangan tutup mata masalah ini. Jangan sampai persoalan di Tikela akan terjadi kembali di Kelurahan Tingkulu dan Kelurahan Bumi Nyiur yang berbatasan langsung dengan Wilayah Minahasa.

“Kalau tidak cepat diselesaikan bisa saja ketika ada pergantian Hukum Tua atau pergantian Lurah mereka akan tetap berpatokan pada batas ini, padahal bukan disini batasnya,” jelas Paath.

Ketika ditanya menurut Kepala Lingkungan V Kelurahan Tingkulu Wempie Manopo pernah menyurati Pemkot Manado dan tidak ada tindaklanjut, Ia menyesalkan sikap Assiten Manado tidak cepat tanggap atas laporan ini. “Intinya saya minta Pemko Manado segera turun lapangan,” Tegas Paath.

Hal yang sama juga dilontarkan personel Komisi A lainnya, Michael Kalonio meminta masalah ini jangan didiamkan dan cepat di tuntaskan. ” “Kalau ini memang benar, pemkab Minahasa harus bertanggung jawab. tapi tentu masalah ini harus di mediasi oleh pemprov Sulut, dan Dekot Manado bersama Pemkot Manado tentu harus turun lapangan untuk mengetahui lebih jelas masalah tersebut,” ujar Politisi Demokrat lewat pesan singkat.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Minahasa dituding memasuki Wilayah Kota Manado. Hal ini terlihat dengan di bangunnya tugu selamat datang dengan tulisan “Minahasa Welcomes You” di wilayah Kelurahan Tingkulu, Kecamatan Wanea, Kota Manado.

Dengan dibangunnya tugu ini, sekitar 500 meter wilayah Kota Manado diambil oleh Kabupaten Minahasa dan diperkirakan ada sekitar 4 hektar Wilayah Kelurahan Tingkulu daN Kelurahan Bumi Nyiur masuk dalam wilayah yang diduga akan diambil pemkab Minahasa.

Pantauan manadoterkini.com Selasa (26/4/2016) kemarin dilokasi tugu “Minahasa Welcomes You” tampak berjejer 9 buah tugu menjulang keatas, dibawah nya ada tulisan “Minahasa Welcomes You” berwarna merah dilengkapi dengan taman bunga. (ons)

 

 

Tags: , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*