Jum'at, 6 Desember 2019

Soal Kasus TKI Ilegal Sulut, Pemprov Akan Lakukan Investigasi

sendohmanadoterkini.com, SULUT – Nyiur Melambai yang sekarang menjadi salah satu target Investasi di daerah timur Indonesia ini, dengan berbagai Mega proyeknya, akhir ini dirundung masalah TKI.

Pasalnya, Sulut salah satu daerah di negeri ini yang merupakan pemasok TKI Ilegal ke luar negeri, termasuk negara-negara afrika seperti Kongo.

Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan, karena dengan status Ilegal, TKI Sulut tidak dijamin dari keamanannya.

Dengan adanya kasus ini, tentunya menjadi pekerjaan rumah (PR) buat pemerintah provinsi Sulut, terutama dalam hal ketenagakerjaan.

Menanggapi hal ini Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Provinsi Sulut Marsel M. Sendoh SH MSi mengatakan, mereka tidak melapor ke pihak disnakertrans Sulut. Dan untuk TKI asal sulut tersebut kini telah di deportasi oleh pihak imigrasi negara afrika.

Kepada manadoterkini.com, Sabtu (28/05/2016) dia melanjutkan, “walaupun menurut Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) adalah ilegal murni, namun Pemerintah Daerah perlu investigasi data ” tandasnya.

Sementara, menyangkut jumlah TKI asal Sulut baik yang Legal maupun Ilegal di Afrika, “Sekarang sementara koordinasi dengan Disnakertrans Bitung, ” ungkap Sendoh.(alfa)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*