Selasa, 16 Juli 2019

Pemkot Manado tuntaskan penyusunan Ranwal RPJMD 2016-2021

manado

Kaban Bart Assa ST MSc PhD

manadoterkini.com, MANADO – Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Manado tahun 2016-2021 telah tuntas diselesaikan Pemkot Manado pada Sabtu (13/8/2016) melalui tim yang dipercayakan Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE.

RPJMD ini diselaraskan dengan visi Manado Kota Cerdas 2021 yang menjadi pedoman GSVL-Mor menjalankan programnya untuk lima tahun kedepan. “Praise the Lord. Atas pertolongan Tuhan dan dukungan Walikota dan Wakil Walikota, seluruh SKPD serta kekompakan Tim Penyusun, Ranwal RPJMD Manado 2016-2021 dapat terselesaikan dan telah disampaikan Walikota Manado ke DPRD Manado,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Dearah (RPJMD) Manado Peter KB Assa PhD.

Dirinya berharap pembahasan di DPRD nantinya akan berjalan lancar dan tepat waktu sehingga Ranwal RPJMD tersebut bisa disempurnakan menjadi Rancangan Akhir sebagai dokumen akhir untuk penetapan Perda RPJMD Manado 2016-2021. “Terima kasih pak Walikota Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan, tak lupa juga terima kasih bagi seluruh kepala SKPD dan bagi tim penyusun. Semoga ini juga bisa disempurnakan ketika dibahas di DPRD,” kata Assa.

RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama 5 (lima) tahunan yang berisi penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah serta memperhatikan RPJM Nasional, sebagaimana dijelaskan Pasal 1 Angka 4 UU Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005-2025.

RPJMD menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara arif tentang visi, misi, dan agenda kepala daerah terpilih dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan.(ald)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*