Selasa, 12 November 2019

Bupati Tetty dan Wabup Franky Canangkan Taman Agro Inovasi di Minsel

manadoterkini.com, AMURANG – Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE Dan Wakil  Bupati Franky Donny Wongkar SH, Senin (28/11) siang tadi mencanangkan Taman Agro Inovasi.

TettyPencanangan yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Minsel Kelurahan Pondang Kecamatan Amurang Timur ini dilakukan untuk mempercepat penerapan inovasi teknologi yang telah dihasilkan, mulai tahun 2016 ini mendirikan Taman Agro Inovasi yang dilengkapi dengan Taman Agro Inovasi yang dilengkapi oleh berbagai tanaman pertanian seperti, Jagung, Rica, Dan tanaman lainnya.

tettyKegiatan penanaman sekaligus peresmian Taman Agro Inovasi, Bupati menyampaikan bahwa, Taman Agro Inovasi merupakan miniatur dari muara Balitbangtan. Dimana ditampilkan berbagai komoditas strategis yang bisa direplikasi secara ekonomi dan dilengkapi dengan Tagrimart yang menyatukan antara on farm dan off farm.

“Suatu inovasi tujuannya harus diterapkan dan bermanfaat untuk rakyat, Dan ini harus memiliki keunggulan komparatif yaitu memiliki spektrum sosial ekonomi,” ujar Bupati.

minselHal senada dikatakan Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak)  Minsel Ir Frans Tilaar, Dia menambahkan Taman Agro Inovasi ini merupakan salah satu saluran diseminasi hasil penelitian yang efektif. Tetapi juga diingatkan bahwa apa yang ada di Taman Agro Inovasi harus bisa direplikasi oleh petani dalam skala ekonomi.

“Dari hasil penelitian muara akhirnya adalah sesuatu yang bermanfaat untuk rakyat, salah satunya melalui model Taman Agro Inovasi,” tambahnya.

Taman Agro Inovasi ini merupakan percontohan bagi Taman Agro Inovasi yang telah dikembangkan di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di 32 provinsi.

minselTaman Agro Inovasi di tiap provinsi masing-masing akan memiliki karakteristik berbasis komoditas unggul wilayah tersebut dan teknologi spesifik lokasi dimana inovasi teknologi Balitbangtan yang diterapkan harus dapat memberi nilai tambah sehingga kedepan akan berujung pada kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Selain acara pencanangan ini, juga dilaksanakan gelar teknologi KRPL, demo penanaman budidaya sayuran, beberapa pelatihan, dan pembagian bantuan benih, bibit dan alat pertanian, serta penyerahan bantuan ternak sapi kepada kelompok tani yang ada di Minsel.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya, Kapolres Minsel AKBP arya Perdana SH SIK MSi, Kajari Amurang Lambok Sidabutar SH MH, Ketua Pengadilan, Kepala-kepala SKPD, Camat, Kumtua dan kelompok-kelompok tani yang ada di 17 Kecamatan yang ada di Minsel.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*