Selasa, 15 Oktober 2019

Dinas PU Manado Luncurkan “Complain Center”

manadoterkini.com, MANADO – Untuk mewujudkan Manado Kota Cerdas, Pemkot Manado melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) meluncurkan “Complain Center”. Dimana masyarakat kini bisa melaporkan secara langsung kerusakan infrastruk di lingkungan sekitar kepada Pemerintah Kota dan akan langsung ditindaklanjuti.

manado

Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE SH STh.

“Nantinya, “Complain Center” ini akan menindaklanjut segala keluhan masyarakat terkait infrastruktur jalan berlubang maupun selokan maupun sungai. Dengan adanya “Complain Center” dari Dinas PU ini menjawab kerinduan masyarakat melakukan pengaduan terhadap infrastruktru di Kota Manado,” ungkap Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE SH STh, saat membuka Pencanangan dan Sosialisasi PU “Complain Center” menuju Manado Kota Cerdas, Selasa (7/12/2016) siang menjelang sore tadi, di Kecamatan Malalayang.

Untuk itu, inovasi dari Dinas PU ini mendapat apresiasi dari Walikota dan Wawali menuju Manado Kota Cerdas. Diakui Wawali Mor Bastiaan, Pemkot Manado sedang gencar-gencarnya membangun system smart city, sehingga complain disampaikan langsung masyarakat kepada pememimpin daerah.

“Saya dan Walikota sangat menyambut baik akan inovasi seperti ini. Karena kita lagi menerapkan satu system smart city untuk kota kita. Dimana kita secara langsung berinteraksi dengan masyarakat, sehingga tidak ada batas lagi. Begitu masyarakat melakukan complain akan langsung kepada pimpinan daerah atau kepala Dinas,” ungkap mantan pimpinan DPRD Manado itu kepada wartawan.

“Dengan adanya complain center ini akan membuat pelayanan kepada masyarakat lebih cepat dan tepat,” tandas Mor, sembari berharap dukungan masyarakat Kota Manado. “Ini diharapkan bias singkron dengan program smart city yang se ndang gencarnya kami laksanakan,” tutur Bastiaan.

manado, Dinas PU

Kadis PU Manado Royke Mamahit ST MT

Sementera itu, Kadis PU Manado Royke Mamahit ST  MT, mengharapkan masyarakat bisa memanfaatkan Complain center, sehingga semua keluhan dan kendala di lapangan terkait infrastruktur akan segera ditindaklanjuti.

“Dengan adanya ide ini, kami harap masyarakat turut serta berperan menyampaikan keluhan-keluhan dan kendala apa di lingkungan sekitar. Seperti kerusakan infrastruktur jalan, saluran termasuk sungai yang menjadi tempat pembuangan sampah. Jadi masyarakat bisa menyampaikan langsung melalui WhatsApp, Line, Instagram, SMS serta apapun yang terdapat di handpond akan langsung kita tindakalnjuti,” terang Mamahit.

Disinggung terkait dana yang ada, Mamahit menuturkan tidak akan mempengaruhi. Malahan dirinya menyampakan Dinas PU sangat terbantu dengan adanya pengaduan warga tersebut. “Ini sudah menjadi pekerjaan kami. Justru kami sangat terbantu dengan laporan warga. Karena kami tidak bisa menjangkau secara keseluruhan tanpa bantuan masyarakat,”kata Mamahit.

Camat Malalayang, Laurens Umboh, sangat berterima kasih karena telah memilih wilayahnya sebagai tempat pelaksanaan dan sosialisasi Complain center oleh Dinas PU Manado. “Terima kasih karena telah memilih Kecamatan Malalayang sebagai tempat pencanangan Complain Center ini,” singkatnya.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*