Minggu, 17 November 2019

Sulut Digoyang Gempa 7.2 SR, Info BMKG Tidak Berpotensi Tsunami

bmkgmanadoterkini.com, SULUT - Gempa bumi berkekuatan 7.2 Skala Richter (SR), Selasa (10/1/2017) siang tadi, yang diperkirakan berjarak 322 km sebelah barat laut Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) tidak berpotensi Tsunami.

Berdasarkan informasi BMKG yang dihimpun manadoterkini.com, guncangan cukup kuat di Kabupaten Sangihe, sebagian Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara dengan skala intensitas II SIG (III-IV MMI), guncangan juga dirasakan dengan skala intensitas I-II SIG (II-III MMI) di kota dan kabupaten lainnya di Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Berdasarkan laporan melalui media dari Kepala Stasiun Geofisika Manado, Irwan Slamet, S.T., M.Si, sampai pada pukul 15.00 Wita, sementara belum ada laporan kerusakan dan korban.

BMKG pun menghimbau agar masyarakat agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

“Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” tulis Irwan Slamet dalam laporannya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi termasuk gempa bumi dalam akibat aktivitas tektonik intra-plate di zona transisi pada mantel bumi antara mantel atas dan mantel bawah di Laut Sulawesi, sehingga dikategorikan tidak berpotensi memicu terjadinya gelombang Tsunami, terangnya.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*