Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Gubernur Olly Sampaikan Prospek Pedagangan Regional dan Internasional Sulut Kepada DPR RI

×

Gubernur Olly Sampaikan Prospek Pedagangan Regional dan Internasional Sulut Kepada DPR RI

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Prospek Sulawesi Utara dalam bidang perdagangan regional dan Internasional dipaparkan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey di depan anggota DPR Republik Indonesia (RI), Jumat (07/04/2017) kemarin di ruang C J Rantung Kantor Gubernur.

SulutKunjungan tim Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) di Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka sosialisasi Renstra DPR RI tahun 2015-2019.

“Posisi Provinsi Sulut secara georafis berada di kawasan perbatasan Filipina dan geoposisi berada dibibir Pasifik (Pacifik Rim) yang sangat prospektif untuk perdagangan Regional maupun International karena jalur perdagangan dunia dan distribusi barang dan jasa, dengan potensi yang melimpah dari sektor perikanan kelautan, pertanian, perkebunan dan pariwisata,” ungkap orang nomor satu Sulut ini.

Posisi yang mendukung ini pula yang berpengaru pada disektor pariwisata, hingga kunjungan para turis di daerah ini sudah mencapai 100 ribu lebih dan dampaknya pada ekonomi Indoneasia dan lebih khususnya di Sulut.

sulut“Saat ini ada 6 proyek strategis Nasional di Sulut, Bendungan Lolak Bolmong, Bendungan Kuwil Minahasa Utara, Jalan Tol Minahasa Bitung, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, International Hub Port Jalan Penghubung Manado-Gorontalo,” kata Dondikambey.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Olly merasa bangga karena Sulut mendapat kunjungan DPR RI. Dia berharap apa yang dibicarakan dapat dibawah, disuarakan kepada pemerintah pusat.

“Dengan pertemuan ini, diharapkan menjadi wahana memberi masukan dan saran, rekomendasi, bahkan kritik yang sifatnya membangun sekaligus mempererat sinergitas guna penguatan kapasitas kerja kedepan, baik untuk DPR RI dalam upaya menjadikan DPR yang kuat, modern, berwibawa dan kredibel serta dipercaya masyarakat,” tutup Dondokambey.

Sementara, Ketua Tim Agung Budi Santoso, yang juga Wakil Ketua Fraksi Demokrat mengatakan maksud kedatangan Badan Urusan Rumah Tangga ( BURT ) dalam rangka sosialisasi Renstra tahun 2015-2019.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur Olly yang sudah menerima kunjungan ini. Badan Urusan Rumah Tangga adalah alat kelengkapan dewan yang berfisifat total dan secara profesional menangani urusan fraksi,” kata Agung.

Hal ini juga sebagai wadah melanjutkan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingaan, menyebarluaaskan, menjelaskan yang objektif kepada DPR, menyerap aspirasi dari para pemangku kepentingan, sesuai amanat UU Nomor 25 tahun 2014 tentang sistem perencanaan nasional. Sembari berharap masukan dan kritikan.

“Kami menginginkan masukan atau kritikan dalam rangka memperbaiki Renstra kedepan yang sangat baik,” harapnya.

Diketahui ini merupakan renstra yang kedua. Sementara Tim Badan Urusan Rumah Tangga dengan Anggota yang hadir dari Demokrat, PDI P, Golkar, Gerindra, PKS.

Turut hadir Pejabat lingkup Pemprov Sulut, Civitas Akademika Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Klabat, LSM dan tokoh Masyarakat.(alfa)