Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Kembangkan Kawasan Mapanget dan Bunaken,Manado Masuk 10 Kota Pengembangan Kota Mandiri

×

Kembangkan Kawasan Mapanget dan Bunaken,Manado Masuk 10 Kota Pengembangan Kota Mandiri

Sebarkan artikel ini

may daymanadoterkini.com, MANADO – Kota Manado masuk dalam 10 kota di Indonesia yang di fasilitasi untuk pengembangan Kota Baru yang mandiri.Kota baru mandiri ini, merupakan gagasan pemerintah, merencanakan dan mengembangkan kawasan kota dari nol. Sehingga benar-benar merupakan program baru. Hal tersebut di katakan Kepala Bapelitbang Kota Manado Dr.Liny Tambajong (Kaban Liny) saat mengikuti FGD bersama kementrian agraria dan tata ruang/ BPN.

Menurut Kaban Liny, Kecamatan Mapanget dan Bunaken disepakati untuk dikembangkan menjadi kawasan kota baru karena didukung oleh topografi yang relatif landai, terdapat 44 pengembangan perumahan, dan pertumbuhan jumlah penduduk yang diperkirakan 100 ribu jiwa akan menjadi penghuni Kota Baru akibat ekspansi permukiman di Kota Baru.

“Kecamatan Mapanget dalam RTRW Kota Manado merupakan KASIBA yang memilik kawasan pengembangan permukiman terbesar di Kota Manado, selain itu kawasan ini sangat mudah diakses dengan adanya jaringan jalan lingkar yaitu Ring Road 2, Ring Road 1, Ring Road 3, dan jalan SBY dari arah Kabupaten Minahasa Utara” jelas Kaban Liny.

Di tambahkan Kaban Liny,kawasan Mapanget dan Bunaken sudah memenuhi persyaratan dan ketentuan untuk masuk dalam Kota Baru yang Mandiri .

“Kawasan kota baru di kecamatan Mapanget terdiri dari 10 kelurahan yaitu Kairagi Satu, Kairagi Dua, Paniki Bawah, Paniki Dua, Buha, Bengkol, Lapangan, Mapanget Barat, dan Kima Atas, sedangkan untuk kecamatan Bunaken satu kelurahan yaitu Pandu,” jelas Kaban Liny.

Untuk diketahui, kota Manado telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Yaitu sebagai salah satu sasaran pembangunan perkotaan, dalam pembentukan sepuluh kota baru. Kota baru tersebut berada di Pontianak, Padang, Palembang, Tanjung Selor, Manado, Jayapura, Sorong, Makassar, Banjar Baru dan Kota Maja. Tak hanya itu, kota baru mandiri ini juga disetujui masuk dalam proyek strategis nasional.(mlz)