Kamis, 14 November 2019

Tanos : Pemotongan Hewan Qurban Berdasarkan Permen Pertanian

sapi pemprov sulutmanadoterkini.com, SULUT – Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat dr Kartika Devi Tanos MARS, mengungkapkan maksud dan tujuan ibadah kurban menunjukan tanda ketaqwaannya hambanya kepada Tuhan Sang Pencipta. Sebagaimana dasar pelaksanaan, Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor 114/Permentan/PD.410/9/2014 tentang pemotongan hewan Qurban.

“Salah satu makna yang paling dalam ibadah kurban sebagai bentuk penghambaan kepada Tuhan, dengan membagikan pada sesama. Kurban adalah bentuk kesolehan sosial, sebab pekurban akan merasakan ibadahnya berbagi dengan kaum duafa di sekitarnya,” terang Tanos yang adalah Wakil Ketua TP PKK Sulut itu.

Tokoh umat Muslim di Sulut yang hadir memberikan apresiasi pada Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw. “Ini adalah sumbangan hewan kurban sapi terbanyak yang diberikan pihak Pemprov Sulut, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dan saya mewakili umat Muslim Sulut mengucapkan terima kasih pada pak gubernur dan pak Wagub,” ujar Ketua PHBI Sulut Hi Sahrul Poli.

Adapun Masjid yang menerima hewan kurban ini, sebagai mana data yang didapat dari Biro Kesra Sulut, selaku SKPD yang berkompeten, adalah 1 ekor sapi sumbangan Presiden Joko Widodo diserahkan ke Masjid Baitul Makmur Kota Kotamobagu, sedangkan 30 ekor pemberian Pemprov Sulut disalurkan pada kaum duafa dibeberapa kabupaten kota di Sulut, 10 diantaranya yakni melalui Masjid Raya Ahmad Yani Manado, Masjid SIS Al Djufrie Malendeng Paal dua, Masjid Al Taqwa Belang Minahasa Tenggara, Masjid Al Rahman Banjer Manado, Masjid An Nur Desa Borgo Tombariri Minahasa, Masjid Agung Pangeran Diponegoro Airmadidi Minut, Masjid Nurul Huda Molas Manado, Masjid Al Ikhlas Desa Insil Pasi Timur Bolmong, Masjid Al Munawarah Mahawu Tuminting Manado dan Masjid Darusalam Motoboi Kota Kotamobagu

Diketahui selain Pemprov Sulut memberikan bantuan hewan Qurban untuk dibagikan kepada sejumlah masjid yang ada di daerah ini. Bedanya, tahun 2016 lalu hanya sebanyak 10 ekor sapi, tapi tahun 2017 ini sesuai komitmen OD-SK diserahkan bantuan hewan Qurban sapi sebanyak 30 ekor ditambah lagi 1 ekor dari Presiden Jokowi.

(timredaksi)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*