Jum'at, 23 Agustus 2019

Sulit Dapatkan Yang Ideal, Steven Kamdouw Bisa Jadi Penjabat Bupati Minahasa

manadomanadoterkini.com, MANADO - Sulitnya pemerintah Provinsi Sulut dibawah pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw (OD-SK) menunjuk pejabat yang “ideal” setingkat eselon II, guna menjadi Penjabat Bupati Minahasa.

Hal tersebut memungkinkan Steven Kandouw mengambil alih jabatan “strategis” tersebut (Penjabat Bupati)

Setidaknya penilaian itu disampaikan Pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka kepada ManadoTerkini.com, Sabtu (20/1/2018) melalui WhatsApp.

Tumbelaka menilai, kesulitan tersebut dikarenakan hampir semua Pejabat eselon II di Pemprov Sulut adalah warisan mantan Gubernur Sulut SH Sarundajang, yang nota bene dan sudah menjadi rahasia umum akan menjadi “rival” OD-SK dalam Pilkada Minahasa nanti.

“Soal penjabat Bupati Minahasa nanti tampaknya OD-SK belum ada kandidat yang dapat diadalkan “membongkar” Minahasa jadi “merah”, maklum saja rata-rata pejabat eselon II bawaan dari SHS. Jadi ada keraguan dari OD-SK untuk memilih salah satu pejabat eselon II Pemprov. Kemungkinan besar Steven Kandouw akan menjadi Penjabat Bupati Minahasa seperti waktu SHS di Kota Manado,” jelas Tumbelaka.

Namun disisi lain Tumbelaka menilai, banyak juga pejabat eselon II secara kapasitas mampu menduduki posisi itu (Penjabat Bupati Minahasa)

“Pejabat senior akan berpeluang seperti Kadis PMDD Royke Mewoh, Kepala Inspektorat Nixon Watung, Kadis Perindag Jenny Karouw dan Kadis Penanaman Modal, Happy Korag Mereka punya peluang kuat dan layak” tutur Taufik Tumbelaka.

Selain itu Tumbelaka menambahkan, pejabat lainnya yang berpeluang antara lain Kadis Perkebunan Refly Ngantung, Karo Pemerintahan Jemmy Kumendong, Karo Infrastruktur Jemmy Ringkuangan.

“Sebetulnya ada juga seorang Birokrat sangat senior Mantan Asisten, Sekda, Kepala BKD dan Kepala Inspektorat Pemerintah Propinsi Sulut yang sekarang menjabat Sekda Minahasa, Jeffry Korengkeng, namun sayangnya terkendala aturan,” terang Tumbelaka.

“Jika beliau ditarik kembali ke Pemprov Sulut maka beliau menjadi pilihan sangat menarik dan patut menjadi pertimbangan utama,” katanya. (JP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*