Senin, 20 Agustus 2018

Target 500 Hektare, DPKP Mulai Bagikan Benih Padi Gogo

manadomanadoterkini.com, MANADO – Pemerintah kota Manado melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPKP) sangat serius dalam upaya mengembangkan pertanian padi gogo (padi ladang). Keseriusan ini mendapat respon positif dari para petani.

Dan sebagai tahap awal, DPKP sudah mulai menyalurkan benih padi gogo ke sejumlah kelompok tani di wilayah kecamatan Mapanget, pekan lalu.

“Penyaluran benih padi ladang ini merupakan tahap petama untuk luasan 250 haktar dari total 500 haktar. Untuk tahap kedua di pertengahan bulan Mei ini,” tukas Kepala DPKP kota Manado, Nolfie Talumewo.

Dia mengimbau para petani untuk segera melakukan penanaman setelah menerima bantuan benih tersebut.

“Diharapkan dengan diterimanya benih tersebut, agar sesegera mungkin untuk dilakukan penanaman karena disaat cuaca masih memungkinkan dilakukan penanaman,” imbuhnya.

Selain itu diapun mengajak para petani untuk memanfaatkan sebaik mungkin benih padi ladang untuk mendapatkan hasil yang positif.

“Untuk kelompok tani penerima bantuan agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin sehingga nanti akan memberikan dampak yang sangat positif untuk peningkatan produksi beras. Sekaligus juga peningkatan pendapatan petani dan keluarga,” tandas Kadis.

Kesiapan kota Manado sendiri untuk mengembangkan konsep pertanian padi gogo mendapat apresiasi dari Kementerian Pertanian RI. Hal ini disampaikan langsung Direktorat Jenderal (Dirjen) Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Dr Ir Sumarjo Gatot Irianto MS DAA saat menghadiri dan meninjau lokasi pencanangan Gerakan Tanam Padi Gogo, Jagung dan Kedelai di wilayah kecamatan Mapanget, bulan April lalu.(angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*