Senin, 17 Desember 2018

RPH Bailang Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB)

nanadomanadoterkini.com, MANADO- Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan kota Manado melalui Rumah Potong Hewan (RPH) Bailang saat ini sedang mengembangkan inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTB).

Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui pross fotosintetik, baik berupa produk maupun buangan.
Pada umumnya merupakan limbah setelah diambil produk primernya.

Kepala Dinas PKP melalui Kepala RPH Bailang Joy Tumbel memaparkan Sumber energi biomassa mempunyai kelebihan yaitu merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui sehingga dapat menyediakan sumber energi secara berkesinambungan.

“Pemanfaatan ini bukan hanya dapat membantu masalah kelistrikan namun secara langsung juga dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan yang diakibatkan oleh limbah yang tidak diberdayakan”,ujarnya.

PLTBM yang sementara dibangun di RPH Sapi Bailang Kota Manado akan memanfaatkan limbah ternak yaitu isi Rumen sapi yg ketersediaanya secara terus menerus ada di RPH.

“Produksi Limbah yg ada sekarang sekitar 250 kg per hari dan itu akan sangat bermanfaat untuk sumber energi yg terbarukan dalam rangka membantu ketersediaan listrik bagi masyarakat yg ada disekitar,
Pembangunan Pembangkit Listrik tenaga biomassa (PLTB) yang sementara di bangun ini akan di prioritaskan untuk fasilitas2 umum yg ada di sekitar,”tukasnya.

Pembangunan PLTB ini merupakan tindak lanjut MOU antara Pemerintah Kota Manado, APEC- North Sulawesi Government- FCU bersama Universitas Sam Ratulangi. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*